Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Studi Kasus Menggunakan Video pada Pembelajaran Daring

Authors

  • Lili Sadeli Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.30599/spbs.v5i2.2806

Keywords:

Berpikir Kritis, Pembelajaran Daring, Video

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong mahasiswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan studi kasus berbantu video pembelajaran pada pembelajaran daring diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Dengan menggunakan metode quasy experiment, penelitian ini melibatkan 75 mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeritas Pasundan. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan dari framework Ennis. Indikator berpikir kritis di antaranya; (1) membawa penjelasan yang bersifat elementer dari suatu masalah, (2) mengumpulkan informasi dasar, (3) membuat inferensi, (4) membawa penjelasan lebih lanjut, dan (5) sampai pada kesimpulan yang terbaik. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa secara signifikan (sig. 0.000) dengan N-gain sebesar 0,78 termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat direkomendasikan bahwa model studi kasus dengan berbantu video pada pembelajaran daring dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hal ini dapat dikembangkan di masa yang akan datang dengan mengadopsi berbagai model atau metode pembelajaran yang lebih inovatif. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, L. 2012. Penerapan Metode Studi Kasus dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Mata Kuliah Hubungan Internasional. Media Komunikasi FIS. Vol. 11 .No 1 April 2012: 1 – 15

Arum, D. R., & Minangwati, S. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Studi Kasus Berbantuan Modul untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Chem in Edu, Vol. 3., No. (2) (2014).

Bag, H. K. & Gursoy, E 2021. The Effect of Critical Thinking Embedded English Course Design to The Improvement of Critical Thinking Skills of Secondary School Learners. Thinking Skills and Creativity 41 (2021) 100910.

Dwyer, C.P. 2017. Critical thinking: Conceptual Perspectives and Practical Guidelines. Cambridge: Cambridge University Press.

Elfatihi, M. 2017. A Rationale for The Integration of Critical Thinking Skills in EFL/ESL Instruction. Higher Education of Social Science, 12 (2), 26-31. DOI: http://dx.doi.org/10.3968/9702

Ennis, R.H. 1996. Critical Thinking. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.

Ennis, R.H. 2013. The Nature of Critical Thinking: Outlines of General Critical Thinking Dispositions and Abilities (Online), Available: http://www.criticalthinking. net/longdefinition.html. (Accessed August, 2021).

Fitria, M. R. 2022. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pengembangan Model OIDDE Berbantuan Studi Kasus pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 7, Nomor 1, Maret 2022.

Ma, L. & Luo, H. 2020. Chinese Pre-service Teachers’ Cognitions About Cultivating Critical Thinking in Teaching English as a Foreign Language. Asia Pacific Journal of Education. DOI: 10.1080/02188791.2020.1793733

Mehdi, K., & Mostafa, Z. 2015. A Survey on The Relationship Between Critical Thinking and Reading Comprehension Proficiency of Iranian EFL Students. Modern Journal of Language Teaching Methods, 5(3), 246–256.

Nuryanti, L., Zubaidah, S. & Diantoro, M. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 2, Februari, 2018, Hal 155—158

Pratiwi, B. & Hapsari, K. P. 2020. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol. 4, No. 2, Tahun 2020, pp. 282-289.

Saleh, S. E. 2019. Critical Thinking as a 21st Century Skill: Conceptions, Implementation and Challenges in The EFL Classroom. European Journal of Foreign Language Teaching. Vol.4 No 1. doi: 10.5281/zenodo.2542838

Siti Neng Mariyam, S. N., Sri Dwiastuti, S. & Karyanto, P. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning dengan Studi Kasus terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. BIO-PEDAGOG,I Vol. 3, No.1, hal. 55-66.

Smith, T.E., Rama, P.S., & Helms, J.R. 2018. Teaching Critical Thinking in A GE Class: A Flipped Model. Thinking Skills and Creativity, 28, 73–83. doi:10.1016/j.tsc.2018.02.010

Wang, W.2021. Evaluation Principles’ Influence of Critical Thinking Foreign Language Teaching on German Literature Classroom Learning Motivation. Revista de cercetare și intervenție social. 2021, vol. 73, pp. 81-94 https://doi.org/10.33788/rcis.73.6

Yang, Y.T.C., & Gamble, J. 2013. Effective and Practical Critical Thinking-Enhanced EFL Instruction. ELT Journal, 67(4), 398–412. doi:10.1093/elt/cct038

Yuadarma, I. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Metode Studi Kasus pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 6 Tahun ke-6 2017.

Yulian, R. 2021. The Flipped Classroom: Improving Critical Thinking for Critical Reading of EFL Learners in Higher Education. Studies in English Language and Education, 8(2), 508-522. https://doi.org/10.24815/siele.v8i2.18366.

Downloads

Published

2023-10-19
Abstract Views: 133 | File Views: 164