Pertemuan Dua Samudera di Teluk Alaska: Sebuah Kajian Struktural

Authors

  • Yulia Dwi Putriani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dodi Firmansyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.30599/spbs.v5i2.2752

Keywords:

Karya Sastra, Strukturalisme, Teluk Alaska

Abstract

Penelitian memiliki tujuan mengidentifikasi dan menguraikan analisis struktural novel Teluk Alaska karya Eka Aryani. Sumber data pada penelitian ini didapat melalui sumber tertulis, yaitu novel Teluk Alaska ciptaan Eka Aryani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan teknik analisis data yaitu membuat ringkasan, mendeskripsikan elemen struktur pembangun yang ditampilkan dalam novel, menganalisis hubungan-hubungan antar elemen pembangun dan menarik kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini memaparkan (1) tema pembangun novel Teluk Alaska ciptaan Eka Aryani adalah tentang perundungan atau bullying, romansa, dan persahabatan. Jalan cerita yang digunakan dalam novel adalah campuran yaitu alur maju dan mudur. Pemeran utamanya yakni Anastasya Mysha, Alister Reygan, Bulan, Tasya, Alana, Iqbal, Andra, Tomy, Revalina, Hutomo, Diana, Bu Ai, Bi Asih, dan Sia. Latar tempat dalam novel adalah rumah, kelab, sekolah, halte bus, di bawah pohon rindang, jendela kamar, pemakaman, rumah pohon, perkemahan, jembatan kecil, hotel, dan rumah sakit. Latar waktu pada novel merupakan pagi hari dan malam hari. Latar suasana pada novel adalah romansa, sunyi, menegangkan, mengharukan, bahagia, dan sedih. Sudut pandang yang digunakan dalam novel adalah sudut pandang orang ke tiga. Amanat pada novel merupakan adanya perbedaan karakter bukanlah penghalang dalam menyatukan dua insan yang saling mencintai melainkan menjadi pelengkap kekurangan masing-masing. (2) Keterkaitan antar unsur pembangun dalam novel Teluk Alaska saling berkaitan dan menjadikannya suatu karya yang utuh dan digemari oleh pembaca. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, E. (2019). Teluk Alaska. Jakarta: Coconut Books.

Endraswara, S. (2008). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Hasanah, H., Murni, D., & Hartati, D. (2021). Analisis Struktural Novel ronggeng dukuh paruk Karya ahmad tohari dengan siniar “Catatan Buat Emak” Karya Sutradara Gunawan Maryanto: Sebuah Kajian Bandingan. Jurnalistrendi, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v6i1.517

Kristyaningsih, K., & A., A. (2022). Politeness Strategies in Freedom Writers Movie. Salience, 2(2). https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/ Salience.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Ratna, N. K. (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Razzaq, A. A., Sutejo, & H., S. (2022). Konflik Batin Tokoh Mustafa dalam Novel Tempat Paling Sunyi Karya Arafat Nur. Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(1), 1–18.

Samaran, P. D., Amrizal, & B., L. (2018). Analisis Struktural Novel O Karya Eka Kurniawan. Jurnal Ilmiah Korpus, 310–316. https://doi.org/Doi: https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6786

Saputra, D. E., Sutejo, & E., S. (2023). Stilistika dalam Kumpulan "Cerpen Kang Musthofa" Karya Husna Assyafa. Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(1), 20–30.

Saryono, N., Sutejo, & H., H. (2022). Kepribadian Tokoh Utama Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(2), 123–132.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Teew, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Downloads

Published

2023-10-19
Abstract Views: 303 | File Views: 134