Nilai-Nilai Perjuangan dalam Novel Sehidup Sesurga Denganmu Karya Asma Nadia

Authors

  • Juli Yanti Universitas Nurul Huda
  • Dedy Mardiansyah Universitas Nurul Huda
  • Herni Fitriani Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/spbs.v5i2.2726

Keywords:

Nilai Perjuangan, Novel, Sehidup Sesurga Denganmu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai perjuangan dalam novel Sehidup Sesurga Denganmu karya Asma Nadia yang di mana setelah dideskripsikan nilai yang terkandung di dalam novel tersebut dapat ditanamkan kepada peserta didik agar tidak mudah menyerah dalam berjuang hingga dapat mencapai kesuksesan yang diinginkan. Hal tersebut dapat melalui sebuah karya sastra berupa novel. Contohnya pada saat pembelajaran dengan K.13 di kelas XII pada KD 3.9 yaitu menganalisis isi dan kebahasaan novel, dan kelas XII pada KD 4.9 merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang menggunakan metode desktiptif. Metode deskriptif ialah langkah yang diambil untuk memecahkan masalah yang akan diteliti dengan mendeskripsikan subjek atau objek penelitian (novel, cerpen, drama, puisi) berdasarkan bukti-bukti yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu baca, simak, dan catat sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi yaitu identifikasi, klasifikasi, analisis, dan deskripsi. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat nilai perjuangan yang dilakukan beberapa tokoh dalam novel Sehidup Sesurga Denganmu karya Asma Nadia berjumlah 31 data yang mencakup nilai rela berkorban 4 data, nilai persatuan 2 data, nilai harga menghargai 3 data, nilai sabar 5 data, nilai semangat pantang menyerah 11 data dan nilai kerja sama sebanyak 6 data. Nilai perjuangan dalam novel tersebut dapat dijadikan pedoman atau acuan bagi penikmat sastra dalam menjalani suatu perjuangan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta P.

Faruk. (2017). Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nadia, A. (2020). Sehidup Sesurga Denganmu. Cirebon: KMO Indonesia.

Nurhidayah, L., Elmustian, & Zulhafizh. (2022). Nilai Perjuangan dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata dan Implikasinya Bagi Pembelajaran Karakter di SMA Sederajat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2), 13579–13593.

Rumadi, H. (2020). Representasi Nilai Perjuangan dalam Novel Berhenti di Kamu Karya Gia Pratama. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra dan Linguistik, 21(1), 1. https://doi.org/10.19184/semiotika.v21i1.17186

Safira. (2022). Nilai-Nilai Islam Tentang Motivasi Perjuangan Bagi Anak pada Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Skripsi.

Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Alfabeta.

Siswantoro. (2010). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siti Nadia, Syafrial, M. S. (2022). Nilai Perjuangan Tokoh dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori. Pendidikan Tambusai, 6, 13623.

Soekanto. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syarbaini. (2010). Implementasi Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Theresia, C. (2019). Nilai Perjuangan Tokoh Sabari dalam Novel Ayah karya Andrea Hirata. Skripsi.

Downloads

Published

2023-10-19
Abstract Views: 109 | File Views: 169