TIPOLOGI KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM KUMPULAN CERPEN MATA YANG ENAK DIPANDANG KARYA AHMAD TOHARI

Authors

  • Yusi Deta Elvia Universitas Nurul Huda
  • Dedy Mardiansyah Universitas Nurul Huda
  • Sugiarti Sugiarti Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/spbs.v5i1.2141

Keywords:

Cerpen, Tipologi Kepribadian, Tokoh Utama

Abstract

Tipologi kepribadian tokoh utama dalam Kumpulan Cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari merupakan masalah dalam artikel ini. Berdasarkan masalah tersebut maka, kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipologi kepribadian tokoh utama dalam Kumpulan Cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari. Kajian ini menggunakan metode   deskripstif kualitatif. Sumber data dalam kajian ini adalah cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari. Teknik pengumpulan data dalam kajian ini menggunakan teknik teknik baca, simak, dan catat (BSC). Hasil analisis data menunjukkan adanya tujuh tipe kepribadian pada tokoh utamanya, yakni empat tipe ekstrovert dan tiga tipe introvert. Tokoh dan tipe kepribadiannya yaitu: (1) Tokoh utama (Mirta) memiliki kepribadian ekstrovert, yaitu ENTP. (2) Tokoh utama (Jebris) memiliki tipe kepribadian ENFJ. (3) Tokoh utama (Aku) memiliki tipe kepribadian ENFP. (4) Tokoh utama (Daruan) memiliki tipe kepribadian INFP. (5) Tokoh utama (Jum) memiliki tipe kepribadian ISFJ. (6) Tokoh utama (Paman Doblo) memiliki tipe kepribadian ISTP. (7) Tokoh utama (Kang Sarpin) memiliki tipe kepribadian ESTP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra: Epistermologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. CAPS: Yogyakarta.

Ensiklopedia. Pengarang Ahmad Tohari. Diunduh pada 26 Agustus 2022 dari http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Ahmad_Tohari

Noor, Juliansyah. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ridwan, Muhammad Hasbullah, dkk. 2022. Tipologi Kepribadian dan Variasi Bahasa Sosiolek Tokoh dalam Novel Qod Kafani Karya Anis Hilda Intani (Kajian Psikologi Sastra dan Sosiolinguistik). Jurnal Tarbiyatuna, Vol. 3, No. 1.

Siswantoro. 2016. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tohari, Ahmad. 2013. Mata yang Enak Dipandang. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2023-04-14
Abstract Views: 235 | File Views: 379