SIMBOL WAKTU DALAM PUISI TANGAN WAKTU DAN YANG FANA ADALAH WAKTU KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO

Authors

  • Indra Rasyid Julianto Universitas Negeri Semarang
  • Annisa Sauvika Umami SMP PGRI 314 Parakanmuncang

DOI:

https://doi.org/10.30599/spbs.v5i1.2019

Keywords:

Simbol, Puisi, Tangan Waktu, Yang Fana Adalah Waktu, Sapardi Djoko Damono

Abstract

Puisi merupakan suatu karya sastra yang muncul dan berkembang dari masyarakat. Puisi merupakan bentuk ekspresi ide dan gagasan penyair yang tersusun melalui unsur-unsur lahir dan batinnya. Saat ini puisi sudah tidak dianggap sebagai karya sastra yang kaku, karena banyak penyair yang menciptakan puisi dengan gayanya masing-masing. Salah satu penyair yang tidak terpaku dengan aturan yaitu Sapardi Djoko Damono. Untuk memahami makna sebuah puisi perlu dilakukan pengkajian yang meliputi struktural dan pendekatan semiotik. Puisi Sapardi yang berjudul Tangan Waktu dan Yang Fana Adalah Waktu memiliki makna penyimbolan pada kata waktu. Hal inilah yang menjadi perhatian penulis dalam menganalisis puisi Sapardi. Tujuan kajian ini untuk mengetahui secara struktural bagaimana pemaknaan puisi Tangan Waktu dan Yang Fana Adalah Waktu. Selain itu, kajian ini dikhususkan pada analisis penyimbolan waktu pada kedua puisi tersebut. Metode yang digunakan pada kajian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotik Riffaterre. Analisis semiotik Riffaterre dikhususkan pada pembacaan heuristik, pembacaan hermeneutik, ketidaklangsungan ekspresi yang meliputi penggantian arti, penyimpangan arti, dan penciptaan arti. Hasil kajian ini terlihat bahwa secara struktural puisi Sapardi menggunakan diksi yang mudah dipahami dan lazim digunakan pembaca secara umum. Selain itu, hasil dari analisis semiotik menujukkan bahwa Sapardi menyimbolkan waktu sebagai kehidupan yang akan terus berjalan dan abadi. Berdasarkan analisis ketidaklangsungan arti, Sapardi memunculkan penyimpangan arti kontradiktif yang terlihat pada puisi Yang Fana Adalah Waktu. Hal ini dapat diartikan sebagai bentuk ironi atau sindiran penyair terhadap kehidupan masyarakat. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damono, S. D. 2015. Hujan Bulan Juni: Sepilihan Sajak. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamzah, M. 2021. Perbandingan Konsep Linguistik Ferdinand De Saussure dan Abdul Qāhir al-Jurjāni: Kajian Konseptual. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9 (2).

Huri, R. M., Hayati, Y., & Nst, M. I. (2017). Analisis Semiotika Riffaterre dalam Puisi “Dongeng Marsinah” Karya Sapardi Djoko Damono. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5 (1), 52-66.

Isnaini, H. 2017. Analisis Semiotika “Sajak Tuan" Karya Sapardi Djoko Damono. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (2), 1-7.

Isnaini, H. 2021. Konsep Memayu Hayuning Bawana: Analisis Hermeneutika pada Puisi-Puisi Sapardi Djoko Damono. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 11 (1), 8-17.

Julianto, I. R. 2022. Pola Pikir terhadap Ungkapan Emosi Anak sebagai Bentuk Pengekspresian Bahasa. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8 (2), 61-68.

Lastari, A. 2017. Pandangan Dunia Pengarang dalam Kumpulan Puisi Blues untuk Bonnie Karya Rendra (Kajian Strukturalisme Genetik). Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (1), 63-79.

Mabruri, Z. K. 2020. Kajian Tipografi Puisi-Puisi Indonesia. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia), 3 (1).

Massi, G. 2014. Analisis Unsur-unsur Stuktur Batin Beberapa Puisi dalam Antologi Puisi Jakarta-Berlin. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 3 (1).

Mustika, I., & Isnaini, H. 2021. Konsep Cinta pada Puisi-Puisi Karya Sapardi Djoko Damono: Analisis Semiotika Carles Sanders Pierce. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 6(1), 1-10.

Pirmansyah, P., Anjani, C., & Firmansyah, D. 2018. Analisis Semiotik dalam Puisi Hatiku Selembar Daun Karya Sapardi Djoko Damono. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(3), 315-320.

Pradopo, R. 2017. Pengkajian Puisi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Pramesthi, J. A. (2021). Makna Filosofis Konstruksi Realitas Sosial Covid-19 pada Music Video Life Goes On: Kajian Semiotika Charles Pierce. Jurnal Ilmu Komunikasi IHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 6(2).

Saptawuryandari, N. (2017). Analisis Semiotik Puisi Chairil Anwar. Kandai, 9 (1), 95-104.

Sitohang, K. 2018. Pengkajian Puisi Penerimaan Chairil Anwar Menggunakan Pendekatan Stilistika. Jurnal Membaca Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3 (1), 45-50.

Soemanto, B. 2006. Sapardi Djoko Damono: Karya dan Dunianya. Jakarta: Grasindo.

Teeuw. A. 2015. Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Downloads

Published

2023-04-14
Abstract Views: 704 | File Views: 790