PENGARUH PENERAPAN MEMBACA TEKS KARANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS III SDN TIMBULHARJO

Authors

  • Fathya Zakiyatul Farida Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Aninditya Sri Nugraheni Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Keywords:

Karangan, Pengaruh, Penerapan, Berbicara

Abstract

Kemampuan berbicara termasuk dalam kategori pembelajaran bahasa Indonesia yang menuntut kemampuan peserta didik dalam berbicara agar peserta didik tersebut menjadi terampil dalam berkomunikasi yang baik dan benar. Namun, apabila kita perhatikan pada realitanya, terdapat peserta didik yang belum terampil dalam menggunakan bahasa, khusunya berbicara. Kajian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan membaca teks karangan terhadap kemampuan berbicara peserta didik kelas IIIa SD Negeri Timbulharjo. Kajian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Metode kualitatif adalah kajian yang mampu menciptakan suatu hasil berupa data deskriptif dari objek yang diamati. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa penerapan membaca karangan memberikan pengaruh terhadap kemampuan berbicara peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan beberapa poin dari pembahasan yang mengalami peningkatan ketika peserta didik bercerita di depan kelas setelah membaca teks karangan. Mulai dari tingkat kepercayaan diri berupa mulai berminat mengajukan diri untuk unjuk kerja dan berbahasa dalam pembelajaran di kelas, bercerita dengan suara lantang, hingga pengulangan kata yang mulai terkontrol. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristiani, R. 2016. Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2 (2).

Bawono, Y. 2017. Kemampuan Berbahasa pada Anak Prasekolah: Sebuah Kajian Pustaka. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Joesyiana, K. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdor Study) pada Mata Kuliah Manajemen Operasional (Survey pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda). PEKA, 6 (2), 90–103.

Kelly, V. 2015. Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Menggunakan Lingkungan sebagai Sumber Belajar di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4 (12).

Khair, U. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1), 81.

Mahmud, B. 2019. Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12 (1), 76–87.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books, 1 (1).

Pebriana, P. H. 2017. Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2), 139–147.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. 2019. Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9 (3), 267–275.

Rohmah, U. 2011. Tes Intelegensi dan Pemanfaatannya dalam Dunia Pendidikan. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 9 (1), 125–139.

Saadati, B. A., & Sadli, M. 2019. Analisis Pengembangan Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6 (2), 151–164.

Setyonegoro, A. 2013. Hakikat, Alasan, dan Tujuan Berbicara (Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa). Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2 (2).

Suhardita, K. 2011. Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Edisi Khusus, 1, 127–138.

Tabelessy, N. 2019. Kreativitas Menulis Karangan Persuasi Siswa SMP. Jurnal Tahuri, 16 (2), 35–46.

Tambunan, P. 2018. Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 2 (1).

Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: FBS UNP Press Padang.

Downloads

Published

2023-04-14
Abstract Views: 15 | File Views: 18