PENGARUH METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH TAWANG REJO

Authors

  • Firania Uspa Satika Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Prillia Ekaningtiass Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Herni Fitriani Universitas Nurul Huda OKU Timur

Keywords:

Kemampuan Menulis, Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs, Teks Negosiasi

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa mengenai kaidah kebahasaan teks negosiasi, minimnya motivasi guru dalam pembelajaran, dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat menjadi latar belakang kajian ini. Kajian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode Practice Rehearsal Pairs. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen dengan tipe desain pre-test posttest control group design dengan penerapan pre-test dan post-test yang dilakukan pada kedua kelas, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Populasi dalam kajian ini seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah Tawang Rejo Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 17 siswa kelas X Administrasi Perkantoran sebagai kelas eksperimen dan 16 siswa kelas X Tataniaga sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam kajian ini menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel berpasangan dengan menggunakan program komputer SPSS versi 22. Hasil uji -t dengan taraf signifikansi (0,00 < 0,05) berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan model Practice Rehearsal Pairs terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMK Muhammadiyah Tawang Rejo Tahun Pelajaran 2020/2021. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asparsayogi, Andre. 2018. Setrategi dan Teknik Negosiasi. Jakarta: PT Pustaka Binama Pressindo.

Dalman.2020. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Ekawati, Mahmud Saifuddin, Iqbal M. 2017. Penggunaan Metode Practice Rehearsal Pairs dalam Menyusun Petunjuk Melakukan Sesuatu oleh Siswa Kelas VIII SMPN 1 Unggul Sukamakmur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI. 2, 22-66.

Irma, Ana Haerun, dan Yunus. 2019. Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Teks dan Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Olohia. Jurnal BASTRA (Bahasa dan Sastra). 4, 341-353.

Maryatun. 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktik Barpasangan) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 02 Malanggaten, Kebakramat, Karang anyar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah: Surakarta.

Pratidina G. Yan, Tampubolon Hatmaria. Pengaruh Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Berbantu Media LKS Terhadap Hasil Belajar Prakarya Siswa SMP Kelas VIII Darma Patra Pangkal Berandan. Jurnal pendidikan tata busana. 59-60.

Sari Kumala Eriza. 2018. Peningkatan Keterampilan Memprodeksi Teks Negosiasi dengan Teknik Pemodelan dan Media Video pada Peserta Didik Kelas X IIS 4 SMA Demak. Skripsi. Universitas Negri: Semarang.

Sugiyono. 2012. Metode Penenelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfebeta.

Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2018. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Triana Rani. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi dengan Metode Role Playing pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Purworejo. Skripsi. Universitas Muhammadiyah: Purworejo.

Yustinah. 2017. Produktif Berbahasa Indonesia SMK/SMA. Jakarta: Erlangga.

Zaini, Hisyam, dkk.. 2008, Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Downloads

Published

2022-10-27
Abstract Views: 59 | File Views: 50