GAYA BAHASA SARKASME PADA FILM YOWIS BEN THE SERIES 1 KARYA GEA REXY: PENDEKATAN SETILISTIKA

Authors

  • Diana Malinda Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Suryani Universitas Nurul Huda OKU Timur

Keywords:

Film, Gaya bahasa, dan Sarkasme

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa sarkasme yang terdapat pada film Yowis Ben The Series 1 karya Gea Rexy. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode anlisis isi dengan data kualitatif. Pendekatan pada kajian ini adalah pendekatan stilistika. Pendekatan stilistika digunakan untuk analisis yang dilakukan secara lebih konkret dan digunakan untuk mengkaji penggunaan bahasa dalam konteks bahasa tertentu. Sumber data pada kajian ini berupa film Yowis Ben The Series 1 karya Gea Rexy. Pada teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik dokumentasi, simak, dan catat. Analisis data pada kajian ini sejalan dengan metodenya yang terdiri dari: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan ditemukan gaya bahasa sarkasme yaitu: sarkasme sifat, sarkasme tindakan, dan sarkasme sebutan. Data yang ditemukan berjumlah 22 data terdiri dari: 9 data sarkasme sifat, 1 data sarkasme tindakan, 12 data sarkasme sebutan. Hasil analisis juga menunjukkan terdapat gaya bahasa sarkasme yang tidak ada dalam film yaitu: sarkasme hasil dari tindakan dan sarkasme himbauan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Cetakan ke-15. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyo, A. N., Manullang, T. A. A., & Isnan, M. (2020). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme pada Lagu Bahaya Komunis Karangan Jason Ranti. Jurnal Sastra, 9(1), https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/18329 (diakses tanggal 28 Desember 2021)

Eriyanto. 2011. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Handono, P. Y. (2018). Gaya Bahasa Komentar dalam Akun Instagram “Mimi Peri Rapunchelle”. Jurnal Linguista, 2 (2), http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/linguista/article/view/3697 (diakses tanggal 17 maret 2022)

Hariyanto, Dwi Fitri. 2017. Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme pada Film The Raid: Berandal. Mataran NTB: Universitas Mataram.

Keraf, Gorys. 2019. Diksi dan Gaya Bahasa. Cetakan ke-21. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lase, H. S. Y., Angin, J. M. P., Sartika, L., & Hutagalung, T. (2021). Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme pada Lirik Lagu Enau Berjudul “Negara Lucu”: Kajian Semantik. Jurnal Lingue,3(1), https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/lingue/article/view/1966 (diakses tanggal 28 Desember 2021)

Nurgiyantoro, Burhan. 2019. Stilistika. Cetakan ke-3. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rexy, Gea. 2018. Yowis Ben The Series 1. Malang: Starvision Plus. 6 jam.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-26. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-10-27
Abstract Views: 63 | File Views: 93