NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERITA ANAK AKU CINTA RAMADHAN SUNTINGAN DELLY RAIN FELLO

Authors

  • SUGIARTI Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Syaiful Anam Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Lailatul Khanifah Universitas Nurul Huda OKU Timur

Keywords:

Nilai-nilai, Pendidikan Karaker, Kumpulan Cerita

Abstract

Nilai karakter penting dalam pendidikan. Karya sastra memiliki banyak jenis dan ragamnya. Salah satu jenisnya adalah cerita anak. Beberapa ciri cerita anak adalah sebagai berikut. Ditinjau dari segi isi, dalam cerita anak tidak diperkenankan menuangkan hal-hal negatif. Selanjutnya dari sisi penyajian, cerita anak harus menggunakan bahasa yang lugas dan sederhana. Tujuanya adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam kumpulan cerita anak Aku Cinta Ramadhan suntingan Delly Rain Fello. Metode dalam artikel ini bersifat studi pustaka, yang datanya berupa dokumen (kumpulan cerita anak) dan bukan berupa angka-angka. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak sekali nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam kumpulan cerita anak Aku Cinta Ramadan suntingan Delly Rain Fello. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut banyak dimunculkan melalui tingkahlaku para tokoh cerita. Disimpulkan bahwa kumpulan cerita anak Aku Cinta Ramadan suntingan Delly Rain Fello mengandung banyak nilai pendidikan karakter. Nilai-nilai tersebut dituangkan melalui dua teknik, langsung dan tidak langsung. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter tersebut meliputi nilai religius, disiplin, peduli sosial, bekerja keras, tanggung jawab, toleransi, menghargai prestasi,  bersahabat/ komunikatif, gemar membaca, mandiri, dan semangat kebangsaan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fello, Delly Rain. 2020. Kumpulan Cerita Anak: Aku Cinta Ramadhan. Binjai: C.V. Miranda Novelia.

Herfanda, A.Y. 2008. ”Sastra sebagaiAgen Perubahan Budaya” dalamBahasa dan Budaya dalam BerbagaiPerspektif, Aanwar Effendi, ed.Yogyakarta: FBS UNY dan TiaraWacana.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015.Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: Gajah Maja Universiti Press.

Ratna, Nyoman Khuta. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosdiana, Yusi, dkk. 2013. Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Tangerang Selatan: Universitas Pamulang

Sarumpaet, Riris K. Toha. 2003. Struktur Bacaan Anak, dalam “Teknik Menulis Cerita Anak”. Yogyakarta: Pink Books, Pusbuk, dan Taman Melati.

Downloads

Published

2022-10-27
Abstract Views: 16 | File Views: 13