PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA YPPI BELITANG
DOI:
https://doi.org/10.30599/spbs.v4i1.1706Keywords:
Pengaruh, Cooperative Learning, Menulis, BiografiAbstract
Masalah dalam artikel ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan model cooperative learning terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa. Tujuan kajian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks biografi dengan penggunaan model cooperative learning. Kajian ini menggunakan metode eksperimen one group pretest-posttest dengan populasi siswa kelas X SMA YPPI Belitang yang terdaftar tahun ajaran 2019/2020. Variabel penelitian ini adalah penggunaan model cooperative learning sebagai variabel bebas dan kemampuan menulis teks biografi sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor hasil tes unjuk kerja menulis teks biografi siswa kelas X SMA YPPI Belitang sebelum dan sesudah penggunaan model cooperative learning. Berdasarkan hasil temuan, dengan menggunakan model cooperative learning dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menulis teks biografi. Hasil penelitian dapat dilihat dari (t) yang didapat dari skor posttest pada kelompok eksperimen dan kontrol adalah 3,531 pada tingkat signifikansi (α=0,05) dalam uji dua sisi dengan df(n-2) = (64-2) = 62. Berdasarkan analisis statistik nilai (t) diperoleh 3,531 lebih tinggi dari nilai kritis (t) 2,000. Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Artinya ada pengaruh antara siswa yang diajar dengan menggunakan dan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan model cooperative learning.
Downloads
References
Amri, Sofan & Lif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran (Pengaruh terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum). Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Fadillah, Siti Nur Aulia. 2019. Penggunaan Metode CL dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi. Diunduh pada 2 Februari 2021 dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/56133/1/Siti%20Nur%20Aulia%20Fahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstrem/123456789/56133/1/Siti%20Nur%20Aulia%20Fadilah_11160183000077.pdf
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, Mulyani. 2001. Strategi Belajar Mengajar. CV Maulana Bandung: Anggota IKPI.
Sukirno. 2016. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, HG. 2018. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Zainurrahman. 2013. Menulis dari Teori hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.