TELAAH BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII KKM MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR

Authors

  • Lailatul Fitriyah Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Lia Dwi Alfatimah Universitas Nurul Huda OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/spbs.v4i1.1589

Keywords:

Telaah Butir Soal, Penilaian Akhir Tahun, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan butir soal penilaian akhir tahun (PAT) mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII KKM Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sukaraja pada ranah materi, ranah konstruksi, dan ranah bahasa. Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah butir soal mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII yang disusun oleh KKKM MTs Nurul Huda Sukaraja tahun 2020/2021 yang digunakan sebagi instrumen penilaian akhir tahun. Penyediaan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dan teknik catat. Analisis data dilakukan secara induktif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa berkaitan dengan ranah materi, bisa dikatakan butir soal memenuhi kelayakan pada taraf 65,3%, berkaitan dengan ranah konstruksi, 94,2% butir soal dikatakan memenuhi kriteria kelayakan, dan pada ranah bahasa, 76% butir soal memenuhi kriteria kelayakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrul, D. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Ciptapustaka Media.

Atmazaki. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Pola Pikir, Pendekatan Ilmiah, Teks (Genre), dan Penilaian Otentik.
Proceeding of theInternational Seminar on Language and Arts (ISLA-2 2013) FBS Universitas Negeri Padang. ejournal.unp.ac.id.

Badeni, B. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VI SDN Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan …, 4(1), 43–52. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/article/view/12329

Haryono. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21. Kepel Press.

Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa; Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya, Edisi Revisi. PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiantoro. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. BPFE-Yogyakarta.

Prastowo, Andi. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar Ruz Media.

Rahman, Alda F. dkk. (2018). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMP Negeri Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 7 No. 3 September 2018; Seri A 9-16.

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sufanti, Main. (2010). Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. (2013). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. UNG Press Gorontalo.

Syahriandi. (2017). Kualitas Butir Soal Ujian Ditinjau dari Segi Bahasa (Analisis Kualitas Butir Soal). Jurnal Visipena, Vol.8 Nomor 1 Januari-Juni 2017, hal. 174-183

Wahyuni, S. dan I. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.

Downloads

Published

2022-04-19
Abstract Views: 220 | File Views: 317