PENGEMBANGAN E-LKPD MENGIDENTIFIKASI TEKS EKSPLANASI BERBASIS LITERASI DIGITAL

Authors

  • Eka Fitriani Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Fisnia Pratami Universitas Nurul Huda OKU Timur

Keywords:

Pengembangan, E-LKPD, Literasi Digital

Abstract

Pengembangan ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan E-LKPD Mengidentifiksi Teks Eksplanasi Berbasis Literasi Digital untuk peserta didik kelas XI SMA dan untuk mengukur kelayakannya bila diujikan pada peserta didik. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang dibatasi hanya sampai pengujian E-LKPD. Penulis menggunakan data kuantitatif (hasil validasi) dan data kualitatif (hasil kuisioner). Langkah pengembangan ini dibagi menjdi tiga tahapan yaitu melakukan analisis guna mengetahui potensi dan masalah yang ada di sekolah, mengumpulkan data dan melakukan desain produk sebagai solusi permasalahan, melakukan pengembangan dan validasi untuk mengukur kelayakan produk. Metode untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan skor skala lima (Skala Likert) terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil pengembangan dan validasi yang diperoleh dari uji kelayakan rata-rata persentase sebesar 77% atau kategori layak dari ahli media, 91,9% dikategorikan sangat layak dari ahli materi, dan 76% dikategorikan layak dari ahli praktisi. Berdasarkan penilaian tiga ahli dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Mengidentifikasi Teks Eksplanasi Berbasis Literasi Digital sangat layak untuk diujicobakan pada peserta didik di kelas XI SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Multiliterasi. Bandung : Refika Aditama.

DEPDIKNAS. 2003. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

E. Watin, R Kustijono. 2017. Efektifitas Penggunaan E-book Flip PDF Professional untuk Melatih Keterampilan Proses Sains.Snf. Jurusan Fisika Fmipa Unesa.

Hague, Cassie dan Sarah Payton. 2010. Digital Literacy Across the Curriculum: a Futurelab Handbook. United Kingdom.

Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development. Malang: Literasi Nusantara.

Kemendikbud. 2017. Materi pendukung Literasi Digital. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan ebudayaan.

Klara Ken Laras, Mulyanto Widodo, Edi Suyanto. 2017. Pengembangan LKPD Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal J-Simbol Vol 5, No 3 .

Kosasih E, Kurniawan Endang. 2019. Jenis-jenis Teks. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Mahsun. 2013. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogyakarta : Diva Press.

Hendri Raharjo, I’anah. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Jurnal EduMa Vol.3 No.2.

Riduwan dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulianta, Feri. 2020. Literasi Digital, Riset, Perkembangannya & Perspektif Social Studies. Jakarta: Sulianta.

Yosita Permata Sari. 2019. Pengembangan LKPD Elektronik Dengan 3D Pageflip Professional Berbasis Literasi Sains pada Materi Gelombang Bunyi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Downloads

Published

2022-04-19
Abstract Views: 241 | File Views: 254