Tingkat Pencapaian Konsep Merencanakan Pembelajaran Menurut Bruner Dan David Ausubel

Authors

  • Idawati Idawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Fatimatuzzahra Fatimatuzzahra Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v5i1.2038

Keywords:

Pembelajaran, Bruner, David Ausubel

Abstract

Penelitian ini memakai metode studi pustaka, yang mana berisikan teori-teori dan materi yang sejalan dengan topik atau masalah yang menjadi objek penelitian. Lalu teori dan materi tersebut diperoleh dari buku-buku, karya ilmiah, jurnal, internet dan sumber-sumber lainnya.Metode pengumpulan data yang digunakan ialah sumber-sumber  data menggunakan  sumber  sekunder.  Seperti  buku  yang  sesuai  dengan  topik  pembahasan  yang dibicarakan. Penelitian ini  dilatarbelakangi perbedaan pencapaian konsep belajar menurut Bruner dan David Ausubel, diharapkan setelah penelitian ini para pembaca dan pendidik bisa memperluas wawasan mereka mengenai pencapaian pembelajaran yang baik menurut Bruner dan David Ausubel. Bruner dan David Ausubel sama sama tokoh dalam toeri belajar kognitif namun mereka memiliki pemikiran yang berbeda terkait pencapaian belajar.  Menurut Bruner, manusia adalah sebagai pemroses, pemikir, dan pencipta informasi. Oleh karenanya, yang terpenting dalam belajar adalah cara-cara bagaimana seseorang memilih,  mempertahankan,  dan  mentransformasikan  informasi  yang  diterimanya secara aktif. Sedangkan dari sudut pandang David Ausubel memiliki pendapat yang bertentangan dengan Bruner, menurut  Ausubel,  pada  dasarnya  orang  memperoleh pengetahuan melalui penerimaan, bukan melalui penemuan. Konsep-konsep, prinsip, n ide-ide yang disajikan pada siswa akan diterima oleh siswa. Dapat juga konsep ini ditemukan sendiri oleh siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S. (2021) . Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Make a Match Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII SMP di Bandar Lampung. Deepublish.

Angela, F. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran Implementasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK. Deepublish.

Baharuddin., E. N. W. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Chotimah, Chusnul. , M. F. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Gafar Abdullah. (2020). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Pada Proses Pembelajaran di BPTP Bandung. Deepublish.

Ika,Nora. (2020).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Ideal Problem Solving. Deepublish.

Purwanto, Muhammad. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran.Ar-Ruzz Media.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran:Teori & Aplikasi. Ar-Ruzz Media.

Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Ar-Ruzz Media.

Wahab, J. A. (2019). Pembelajaran Kognitif Menurut Para Ahli. Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-02-17 — Updated on 2023-03-21

Versions

How to Cite

Idawati, I., & Fatimatuzzahra, F. (2023). Tingkat Pencapaian Konsep Merencanakan Pembelajaran Menurut Bruner Dan David Ausubel. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(1), 8–16. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i1.2038 (Original work published February 17, 2023)
Abstract Views: 355 | File Views: 240