Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV MI Nu Setia Mukti Kurungan Nyawa II
DOI:
https://doi.org/10.30599/jemari.v5i1.1801Abstract
Pembelajaran tematik di kelas IV MI NU Setia Mukti telah berjalan lancar namun masih perlu ditingkatkan lagi aktivitas belajar peserta didik. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Children Learning in Science terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI NU Setia Mukti. Penelitian menggunakan jenis quasi eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi berjumlah 34 peserta didik, sampel penelitian berjumlah 18 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, analisis data menggunakan independent t test. Hasil penelitian: Pertama; Hasil belajar peserta didik kelas IV sebelum menerapkan model Children Learning in Science (CLIS) di MI NU Setia Mukti Kurungan Nyawa II termasuk dalam ketegori sedang yaitu dari 18 peserta didik terdapat 12 orang atau 66,67% yang memperoleh nilai kategori sedang, 1 orang atau 5,56% memperoleh nilai kategori tinggi, dan 5 orang atau 27,78% memperoleh nilai kategori rendah. Kedua: Hasil belajar peserta didik kelas IV setelah menerapkan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) di MI NU Setia Mukti Kurungan Nyawa II termasuk dalam kategori sedang yaitu dari 18 peserta didik terdapat 13 orang atau 72,22% yang memperoleh nilai kategori sedang, 4 orang atau 22,22% memperoleh nilai kategori tinggi, dan 1 orang atau 5,56% memperoleh nilai kategori rendah. Ketiga: Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Tematik di kelas IV MI NU Setia Mukti Kurungan Nyawa II dengan nilai thitungl 4,086 sedangkan nilai ttabel 2,021.
Downloads
References
Aunurrohman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Baridah, Wahyu Lailatul. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) terhadap Peningkatan Literasi Sains Siswa SD Negeri 2 Banaran Kertosono. Experiment: Journal of Science Education, 1 (1), 2021, 13-18. Jurnal Penelitian Tidak Diterbitkan. Available at: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/experiment.
Damayanti, Ni Made Deny Novia. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Seririt. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Tahun: 2017.
Hariyati, Ratna. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Peserta Didik pada Materi Pembelajaran Bunyi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Martapura Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal JIPFRI; Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah STKIP Nurul Huda Sukaraja.
Jihad, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Primasari, Tia Triana. 2012. Kecerdasan Emosional dan Belajar. Palembang: Grafika Telindo Press.
Rohadi. 2017. Pendidikan Sains yang Humanitis : Dimensi Pendidikan Fisika IPA dan Pengembangannya Sebagai Disiplin Ilmu. Yogyakarta: Kanisius.
Sani, Ridwan Abdullah. 2018. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Tira Smart.
Sanjaya, Wina. 2017. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
Wijaya, Nuriman. 2017. Penerapan Model Children Learning in Science untuk Meningkatkan Konsepsi Peserta didik Tentang Sumber Makanan dalam Pembelajaran IPA SD. Tesis. Diakses dari repositori.upi.edu/5287/8/5-pgsd-kelas-0903297.bibliography pada tanggal 18 Desember 2017 18.07 WIB.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 safika nidaul mila unuha, Supangat, Ahmad Taufiq Yuliantoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

