Strategi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Tahrun Tahrun Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v13i2.993

Keywords:

strategi belajar, jenis-jenis strategi belajar, dominasi dan intensitas

Abstract

Strategi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid 19

Tahrun

Universitas PGRI Palembang

e-mail: [email protected]

 

Abstrak

Salah satu dampak pandemi covid-19 dalam dunia pendidikan adalah diterapkannya pendidikan jarak jauh melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasis internet. Dalam mengimplementasikan kebijakan ini, mahasiswa perlu melakukan strategi-strategi belajar tertentu secara nyata dalam belajar.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan strategi belajar bahasa Inggris oleh mahasiswa. Penelitian dilakukan di PPs Universitas PGRI Palembang dengan metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang yang diambil berdasarkan teknik convinience sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket SILL (Strategy Inventory for Language Learning) dan dianalisis berdasarkan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  secara umum mahasiswa menggunakan semua jenis strategi belajar dengan intensitas yang berbeda, yaitu intensitas sedang mencapai 96% dan intensitas tinggi sebanyak 4%. Penggunaan strategi sosial mencapai rata-rata skor tertinggi, yaitu 81, 78 sebaliknya strategi mengingat memperoleh skor terendah, yaitu 68, 18.  Selain itu,  strategi sosial juga menunjukkan strategi belajar yang paling dominan diguanakan mahasiswa yaitu 40%, sedangkan strategi mengingat dan kognitif menunjukkan strategi belajar yang tidak memiliki dominasi penggunaan (0%). Temuan Ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa cenderung melibatkan orang lain dalam belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu, pembelajaran yang dapat mendorong terjadinya interaksi antar peserta didik perlu dikembangkan.

 Kata Kunci: strategi belajar, jenis-jenis strategi belajar, dominasi dan intensitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amberg J. S. & Deborah J. V. (2010). American English: History, Structure, and Usage. Pennsylvania: Cambridge University Press.

Azwar, S. (2009). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. White Plaint, NY: Addison Wesly Longman, Inc.

Farhian, M. & Rezaee, M. (2012). A Case Study of an EFL Teacher’s Types of Questions: An Investigation into Classroom Interaction. Procedia: Social and Behavioral Sciences, 161 – 167. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.631.

Fraenkel, J. R., Wallen N. E., & Helen, H.H. (2012). How To Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). New York, NY: McGraw-Hill Companies, Inc.

Hermawan, Iwan. (2020). E-learning Berbasis Virtual Classroom di Era Covid 19: Studi Kasus MKWA PAI di Universitas Singaperbangsa Karawang. Hawari: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Keagamaan Islam, 5.

Marzulina, L. (2018). Learning Strategy towards Students’ Descriptive Writing Achievement Taught by Using Pick-List-Evaluate-Active-End Strategy. Edukasi: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 63-75.

O’Malley J. M. & Chamot, A. U.(1995). Learning Strategies in Second Language Acquisition. New York, NY: Cambridge University Press.

Oxford, R. L. (1990). Language Learning Strategies: What Every Teacher Should Know. Boston: Heilnle & Heinle Publishers.

Oxford, R. L. (2011). Teaching and Researching Language Learning Strategies. Harlow, England: Longman.

Pratama, M. F., Stiayadi, A. B., & Flora. (2015). The Influence of Language Learning Strategies Towards Reading Comprehension. U-JET: Unila Journal of English Teacchig, 1 – 11.

Petek, E. (2013). Teacher’s Beliefs about Classroom Interaction and Their Actual Practices: A Qualitative Case Study of a Native and a Non-Native English Teacher’s In-Class Applications. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 1195 – 1199.

Pujiastuti, R. T. (2013). Classroom Interaction: An Analysis of Teacher Talk and Student Talk in English for Young Learner (EYL). Journal of English Education, 163 – 172.

Smaldino, dkk. 2012. Instructional Technology and Media for Learning ( 11th Ed.). United State of America: Pearson.

Suendarti, M., & Lestari, W. (2020). Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar Guru MIPA dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 43 - 48.

Sundari, H. (2017). Classroom Interaction in Teaching as Foreign Language at Lower Secondary Schools in Indonesia. ALLS: Advances in Language and Literary Studies, 147-154.

Sun, Lihua. (2013). The Effect of Meta-cognitive Learning Strategies on English Learning. Theory and Practice in Lanuage Studies, 2004-2009.

Yuniar, G. S., & Nurwidawati, D. (2013). Hubungan antara Intensitas Penggunaan Situs Jejaring Sosial Face Book dengan Pengungkapan Diri (Self Disclosure) Pada Siswa-Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi,1-7.

Downloads

Published

2021-10-29

How to Cite

Tahrun, T. (2021). Strategi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid 19. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13(2), 1–9. https://doi.org/10.30599/jti.v13i2.993
Abstract Views: 914 | File Views: 805