Analisis Kecakapan Hidup Siswa pada Pembelajaran Ekonomi Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di SMA Negeri 15 Palembang

Authors

  • Rafika Rahmadani Alumni Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya
  • Riswan Jaenudin Dosen Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya
  • Ikbal Barlian Dosen Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v9i2.97

Keywords:

kecakapan hidup, kecakapan akademik dan vokasional, ekonomi kreatif, pembelajaran berbasis proyek

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Kecakapan Hidup Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di SMA Negeri 15 Palembang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai kecakapan spesifik siswa pada pembelajaran ekonomi kreatif di SMA Negeri 15 Palembang dan bagaimana pembelajaran ekonomi kreatif melalui pembelajaran berbasis proyek dapat memperlihatan nilai-nilai pada kecakapan spesifik siswa. Variabel penelitian ini adalah kecakapan hidup siswa yang dibatasi pada kecakapan spesifik dan difokuskan pada nilai-nilainya. Subjek penelitian ini adalah SMA Negeri 15 Palembang dengan siswa kelas X.IPS 2 dan satu guru mata pelajaran ekonomi kreatif. Data observasi digunakan untuk mengetahui nilai-nilai kecakapan spesifik siswa, angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran ekonomi kreatif dan wawancara digunakan untuk mengetahui konsep pembelajaran ekonomi kreatif melalui pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai kecakapan spesifik siswa yang terdiri dari kecakapan akademik dan kecakapan vokasional terlihat cukup baik. Hasil untuk nilai kecakapan akademik adalah 68,7% masuk dalam kategori cukup baik dan nilai kecakapan vokasional adalah 69.7% dan dapat dikatakan cukup baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa di dalam diri siswa memiliki nilai-nilai kecakapan hidup yang baik sehingga nilai-nilai tersebut dapat dijadikan sebagai proses pembentukan keterampilan diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education) Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasiona, Jakarta: Depdiknas.

E, Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

George Lucas Educational Foundation, 2005. Intructional Module Project Based Learning.(Diaksesmelaluihttp://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php 10-08-2014)

Jamal Ma’mur Asmani. 2009. Sekolah life skill, Lulus Siap Kerja. Yogyakarta: Diva Press.

Kattsoff, Louis O. 1992. Element of Philosophy, Alih Bahasa Soejono Soemargono. Yogyakarta: Tiara Wacana

Mawardi, Imam. 2012. Pendidikan Life Skills Berbasis Budaya Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran.(Dimuat dalam Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6. No.2. Oktober 2012)

Michael, M. Grant, 2002. Getting A Grip on Project Based-Learning: Theory, Cases and Recomendations. North Carolina: Meredian A Middle School Computer Technologies Journal (vol 5 2002, hal 1-3).

Pardjono. 2003. Kecakapan Hidup (Life skill) dan Urgensinya Bagi Sekolah Menengah Kejuruan (Dimuat dalam Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan edisi Mei 2003 oleh LPM-UNY)

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sampurno, Agus. 2006. Penerapan Metode Belajar Aktif dan Pembelajaran Berbasis Proyek. Jakarta: Rineka Cipta.

Siti Irene Astuti D. 2003. Pengembangan Kecakapan Hidup (life skill) Melalui Peranana Etos Kerja dan Membangun Kreativitas Anak. Yogyakarta: Cakrawala.

Sugiono, 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukidjo, 2003. Peranan Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) dalam Mengatasi Penganggguran Terdidik. Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan.

Sumarmi, Sri. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Kecakapan Hidup (life skill) dan Relefansinya dengan Pendidikan Islam, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol.4 No. 3 hal 127)

Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat

Turgut, Hall. 2008. Prospective Science Teacher Conceptualizations About Project Based Learnin. International Journal of Instructions. Vol 1 No. 2. 61-79 (diakses melalui http://www.e-iji.net. 26-08-2014)

Wahana, Paulus, 2004. Nilai Etika Aksiologis Max Scheler. Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2017-09-18

How to Cite

Rahmadani, R., Jaenudin, R., & Barlian, I. (2017). Analisis Kecakapan Hidup Siswa pada Pembelajaran Ekonomi Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di SMA Negeri 15 Palembang. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 9(2), 72–78. https://doi.org/10.30599/jti.v9i2.97

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 2298 | File Views: 1598