Perbandingan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Mesuji
DOI:
https://doi.org/10.30599/jti.v16i2.3586Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Metode DemonstrasiAbstract
Peningkatan kualitas pendidikan tidak akan pernah akan berhenti dilakukan demi pembangunan suatu negara karena merupakan suatu aspek penting yang menjadi tolak ukur keberhasilan suatu negara tersebut. Pendidik dan peserta didik menjadi objek yang tidak ada hentinya untuk diberi perlakuan demi memperoleh kualitas pendidikan yang lebih baik. Proses pembelajaran yang salah satunya hasil belajar menjadi tolak ukur keberhasilan, salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 Mesuji, diketahui penggunaan model pembelajaran yang kurang maksimal menjadikan hasil belajar IPAS di kelas VII menjadi lebih rendah sehingganya perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan perubahan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar IPAS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan metode demonstrasi. Menggunakan desain penelitian yaitu Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, melakukan wawancara, dokumentasi dan terakhir dengan tes. Analisis data dilakukan dengan t-test. Hasil pengujian diperoleh hasil dengan perbedaan yang signifikan t hitung > t tabel yaitu 2,76 > 2,00. Nilai uji-t tersebut menjelaskan bahwa model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray memiliki pengaruh yang lebih baik dibandingkan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa nilai hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih unggul dibandingkan yang menggunakan metode demonstrasi dengan perbandingan rata-rata hasil belajar akhir yaitu 74,00 dan 62,40.
Downloads
References
Alfiani., Said, I., & Tiwow, V.M.A. 2020. Application of Cooperative Learning Model of Two Stay-Two Stray (TSTS) Type on the Reaction Rate Material on the Students’ Learning Outcomes in Class XI SMA Negeri 1 Banawa Tengah. Jurnal Akademik Kimia, 9 (1): 40-46, February 2020.
Aji, T.P., & Wulandari, S.S. 2021. Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Office Administration: Education and Practice. Volume 1 Issue 3, 340-350 (2021)
Apriakanti, D., et.al. 2020. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) pada Siswa Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains 2020, 4 (1), 40-43.
Elisabet, D.,et.al. 2020. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray pada Hasil Belajar Siswa Luas Permukaan. Jurnal Internasional Pembelajaran dan Pengajaran (IJLI), Jilid 2 Nomor 2 Oktober 2020.
Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Penerbit Lindan Bestari. https://books.google.co.id/books?id=rOmoE AAAQBAJ.
Hardiansyah, F. 2022. Snowball Throwing: A Method To Uplift Elementary School Students’ Responsibility on Environment. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3853– 3864.
Hardiansyah, F., & Zainuddin, Z. 2022. The Influence of Principal’s Motivation, Communication, and Parental Participation on Elementary School Teachers’ Performance. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 319–334.
Keersmaecker, J., Dunning, D., Pennycook, G., Rand, D. G., Sanchez, C., Unkelbach, C., & Roets, A. 2020. Investigating the robustness of the illusory truth effect across individual differences in cognitive ability, need for cognitive closure, and cognitive style. Personality and Social Psychology Bulletin, 46(2), 204–215.
Kusumaningtyas, W. 2017. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) dan Two Stay Two Stray (TSTS) ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Iqra’ (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan) E-ISSN 2548-7892. P-ISSN 2527-4449. Vol. 2. No.1, Juni 2017,pp. 25 -50.
Lacko, D., Prosek, T., Cenek, J., Helískova, M., Ugwitz, P., Svoboda, V., … Juřík, V. 2021. A Preregistered Validation Study of Methods Measuring Analytic and Holistic Cognitive Styles: What do We Actually Measure and How Well? PsyArXiv Preprints.
Moreira, IX, & Filomeno, CB (2017). Efektivitas Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Hambatan Listrik. Jurnal Kajian Inovatif Karakter dan Pendidikan, 1(1), 104-118.
Nugroho, A. 2023. Exploring students’ creative thinking in the use of representations in solving mathematical problems based on cognitive style. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 5, 202–217.
Ruswan, et.al., 2023. Penerapan Kurikulum Merdeka dengan Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusa. Vol. 7., No. 3, Tahun 2023 Hal. 31676:31684.
Salhuteru, J., et.al., 2023. Model-Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.Jurnal Pendidikan DIDAXEI, Vol.4,No.1.
Silva, et.al. 2021. The Effectiveness Methods Demonstration Of Using Media Image To Increase Student Academic Result Of Chemistry Material In Secondary General Private School Cristal. ISCE : Journal of Innovative Studies on Character and Education ISSN 2523-613X Volume 5 issue 1, Year 2021
Sumiati, 2022. Demonstration Method Can Increase Student Learning Outcomes In Science Courses With Materials Of The Earth And The Universe Class Vi Elementary School 017 Tambusai. Indonesian Journal of Basic Education Volume 5 Number 1 March 2022 Page : 35 – 39.
Wang, X., Zhu, N., & Chang, L. 2022. Childhood unpredictability, life history, and intuitive versus deliberate cognitive styles. Personality and Individual Differences, 184, 111225.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alvina Putri Purnama Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.