Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.30599/jti.v16i2.3383Keywords:
Pendekatan Pembelajaran, Matematika Realistik, Kemampuan Berpikir KreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir keatif matematika siswa ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa, mendeskripsikan pengaruh pembelajaran ekspositori terhadap kemampan berpikir kreatif siswa dan mendeskripsikan pengaruh yang lebih baik dari 2 model pembelajaran yang diterapkan dengan melihat prestasi yang dicapai. Penelitian ini metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasai exsperiment. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII dan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Dari Hasil analisis data pada pretest kelas eksperimen diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata sebesar 44 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 41,08. Dari hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa 1). Pendekatan pembelajaran matematika realistik berpengaruh baik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. 2) pembelajaran ekspositori kurang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. 3). Pengaruh pembelajaran matematika realistik lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori.
Downloads
References
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p239-248
ASTITI, I., Candiasa, I. M., & ... (2014). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Se …. Jurnal ….
Chasanah, A. nurul, Wicaksono, A. B., Nurtsaniyah, S., & Utami, R. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2).
Dr. YUBERTI, M. P. (2018). Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. In Psikologi Pendidikan (Vol. 1).
Halim, A., & Ahyaningsih, F. (2019). Masalah Matematika Siswa Kelas Vii. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2).
Harahap, Y. N., Hasratuddin, H., & Firmansyah, F. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Autograph Di SMP. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2). https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25822
Hidayat, A. T. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bangun Ruang. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i2.2718
Huda, M. J., & Huda, M. N. (2021). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada realistic mathematics education (RME). Jambura Elementary Education Journal, 2(2).
Isnaini, M. T., & Pradipta, T. R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 15(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v15i2.16014
Octavia, S. A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja. In Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja.
Rukmini Handayani, R. H. (2017). The Effect of Learning Method and Self-Concept Perspective of Students Mathematics Ability. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.55215/pedagogia.v9i2.7181
Rumahorbo, D. V. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas VII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 8(2). https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3368
Rustina, R., & Anisa, W. N. (2018). Kontribusi Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1). https://doi.org/10.21009/jrpmj.v1i1.4968
Salwah, S., Ashari, N. W., & Nurfitrah. (2024). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3424
Sari, I. P., Warmansyah, J., Yuningsih, R., & Sari, M. (2023). The Effect of Realistic Mathematics Education ( RME ) Learning Approach on the Ability to Recognize Number Concepts in Children Aged 4-5 Years. Journal of Islamic Education Students, 3.
Situmorang, A., Napitupulu, E., & Wahyuningrum, E. (2023). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 16(1). https://doi.org/10.24114/jtp.v16i1.44816
Syahputra, E. (2013). PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1624
Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2012). Mindsets That Promote Resilience: When Students Believe That Personal Characteristics Can Be Developed. In Educational Psychologist (Vol. 47, Issue 4). https://doi.org/10.1080/00461520.2012.722805
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 erni mariana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.