Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif

Authors

  • Irma Ayuwanti Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Siti Qomariyah Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Erni Rismawanti Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v16i2.3383

Keywords:

Pendekatan Pembelajaran, Matematika Realistik, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir keatif matematika siswa ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa, mendeskripsikan pengaruh pembelajaran ekspositori terhadap kemampan berpikir kreatif siswa dan mendeskripsikan pengaruh yang lebih baik dari 2 model pembelajaran yang diterapkan dengan melihat prestasi yang dicapai. Penelitian ini metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasai exsperiment. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII dan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Dari Hasil analisis data pada pretest kelas eksperimen diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata sebesar 44 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 41,08. Dari hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa 1). Pendekatan pembelajaran matematika realistik berpengaruh baik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. 2) pembelajaran ekspositori kurang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. 3). Pengaruh pembelajaran matematika realistik lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p239-248

ASTITI, I., Candiasa, I. M., & ... (2014). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Se …. Jurnal ….

Chasanah, A. nurul, Wicaksono, A. B., Nurtsaniyah, S., & Utami, R. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2).

Dr. YUBERTI, M. P. (2018). Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. In Psikologi Pendidikan (Vol. 1).

Halim, A., & Ahyaningsih, F. (2019). Masalah Matematika Siswa Kelas Vii. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2).

Harahap, Y. N., Hasratuddin, H., & Firmansyah, F. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Autograph Di SMP. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2). https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25822

Hidayat, A. T. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bangun Ruang. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i2.2718

Huda, M. J., & Huda, M. N. (2021). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada realistic mathematics education (RME). Jambura Elementary Education Journal, 2(2).

Isnaini, M. T., & Pradipta, T. R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 15(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v15i2.16014

Octavia, S. A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja. In Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja.

Rukmini Handayani, R. H. (2017). The Effect of Learning Method and Self-Concept Perspective of Students Mathematics Ability. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.55215/pedagogia.v9i2.7181

Rumahorbo, D. V. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas VII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 8(2). https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3368

Rustina, R., & Anisa, W. N. (2018). Kontribusi Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1). https://doi.org/10.21009/jrpmj.v1i1.4968

Salwah, S., Ashari, N. W., & Nurfitrah. (2024). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3424

Sari, I. P., Warmansyah, J., Yuningsih, R., & Sari, M. (2023). The Effect of Realistic Mathematics Education ( RME ) Learning Approach on the Ability to Recognize Number Concepts in Children Aged 4-5 Years. Journal of Islamic Education Students, 3.

Situmorang, A., Napitupulu, E., & Wahyuningrum, E. (2023). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 16(1). https://doi.org/10.24114/jtp.v16i1.44816

Syahputra, E. (2013). PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1624

Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2012). Mindsets That Promote Resilience: When Students Believe That Personal Characteristics Can Be Developed. In Educational Psychologist (Vol. 47, Issue 4). https://doi.org/10.1080/00461520.2012.722805

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Irma Ayuwanti, Siti Qomariyah, & Erni Rismawanti. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 16(2), 87–93. https://doi.org/10.30599/jti.v16i2.3383
Abstract Views: 63 | File Views: 61