Pengaruh Media LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet Terhadap motivasi dan Hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas VII MTs Nurul Huda

Authors

  • Dwi Andriani Dwi Universitas Nurul Huda
  • Muhammad Zainuddin Afas
  • Indra Irawan
  • Rifkan Haidorizal

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v16i2.3350

Keywords:

Liveworksheets, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan media LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) interaktif berbasis Liveworksheet terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas VII di MTs Nurul Huda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain desain eksperimen dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan menggunakan Intact – Group Comparison. pada desain ini terdapat satu kelompok yang digunakan untuk penelitian, tetapi dibagi dua, yaitu setengah kelompok untuk eksperimen dan setengah untuk kelas kontrol. Pada kelompok eksperimen, siswa diberikan pembelajaran menggunakan media LKPD interaktif berbasis Liveworksheet, sementara pada kelompok kontrol, siswa menerima pembelajaran konvensional menggunakan buku teks. Pengukuran motivasi siswa dilakukan menggunakan skala Likert yang terdiri dari indikator-indikator motivasi yang relevan. Sedangkan hasil belajar Bahasa Inggris diukur melalui tes evaluasi yang meliputi membaca dan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media LKPD interaktif berbasis Liveworksheet memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Selain itu, hasil belajar Bahasa Inggris siswa dalam kelompok eksperimen juga mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan siswa dalam kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media LKPD interaktif berbasis Liveworksheet efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas VII di MTs Nurul Huda. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi para pendidik dalam merancang pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Selain itu, penelitian ini juga memberikan kontribusi pada pengembangan teknologi pembelajaran yang inovatif dan berbasis digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, Pp. 586-595)., 2(1), 589–590.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2).

Khoirunnisa, A. (2021). Pembelajaran PAI Berbasis Bahasa Inggris Sebagai Upaya Menghadapi Tantangan Globalisasi di MI Afkaaruna Islamic School Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 10(1), 56–67.

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–32.

Nissa, I. C., Febrilia, B. R. A., & Astutik, F. (2021). Live worksheets matematika: dalam perspektif siswa menurut model motivasi ARCS. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6, 266–273.

Sarjimin, H. Y., Sutiarso, S., & Suratinah. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Live Worksheet terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 99–108.

Septiana, A. I., Anggraini, D., & Syawanodya, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Piramida Hologram Untuk Media Pembelajaran Bangun Ruang Di Sekolah Dasar. 5, 261–268.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Dwi, D. A., Afas, M. Z., Indra Irawan, & Rifkan Haidorizal. (2024). Pengaruh Media LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet Terhadap motivasi dan Hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas VII MTs Nurul Huda. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 16(2), 79–86. https://doi.org/10.30599/jti.v16i2.3350
Abstract Views: 108 | File Views: 62