Pendekatan Manajemen Pendidikan Berbasis Manajemen Kehidupan dalam Islam

Authors

  • Suhartono Suhartono Universitas Nurul Huda
  • Siti Patimah UIN Raden Intan Lampung
  • Tasdiq Universitas Nurul Huda

Keywords:

Manajemen Pendidikan, Kehidupan Islam

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pendekatan manajemen pendidikan yang didasarkan pada prinsip-prinsip manajemen kehidupan dalam Islam. Tujuan utama adalah untuk memahami bagaimana prinsip-prinsip dan nilai Islam dapat diterapkan dalam konteks manajemen pendidikan guna meningkatkan efektifitas dan keberlanjutan sistem pendidikan . Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  studi  kepustakaan. Hasil  penelitian antara lain ; (a) integrasi nilai-nilai Islam dalam manajemen pendidikan bertujuan untuk menciptakan  lingkungan pendidikan  yang sesuai dengan ajaran Islam  , (b) paradigma tauhid dalam manajemen pendidikan mengacu pada  pengakuan bahwa segala sesuatu  dalam kehidupan ini bergantung  dan tunduk kepada Tuhan  (c) penerapan prinsip-prinsip etika Islam  menjadi landasan penting dalam praktik manajemen pendidikan, (d) kepemimpinan dalam institusi pendidikan  harus berakar pada prinsip-prinsip Islam, (e). Keterlibatan orang tua dan masyarakat  dapat meningkatkan pendidikan secara keseluruhan melalui komunikasi, partisipasi dalam pengambilan keputusan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. M., Hussin, Z., Malik, M. A., Yusof, F., & Jamil, M. R. M. (2017). Masalah etika dan akhlak pelajar kemahiran kejuruteraan: analisis keperluan. JuKu: Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, 5(2), 34-45. http://borneojournal.um.edu.my/index.php/JUKU/article/view/8219/5690

Al-Aidaros, A. H., Mohd Shamsudin, F., & Md Idris, K. (2013). Ethics and ethical theories from an Islamic perspective. International Journal of Islamic Thought, 4, 1-13. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Ethics+and+Ethical+Theories+from+an+Islamic+Perspective&btnG=

Assefa, Y., Tilwani, S. A., Moges, B. T., & Shah, M. A. (2022). The impact of armed violence on students' educational attainment and the role of parents in resilience schooling and the education process. Heliyon, 8(12)..https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e12192

Atmodiwirio, Soebagio. 2000.Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya. 161

Đurišić, M., & Bunijevac, M. (2017). Parental involvement as a important factor for successful education. Center for Educational Policy Studies Journal, 7(3), 137-153.https://www.cepsj.si/index.php/cepsj/article/view/291/176

Ellingsen, T., & Johannesson, M. (2007). Paying respect. Journal of Economic Perspectives, 21(4), 135-149.https://www.aeaweb.org/articles?id=10.1257/jep.21.4.135

Epstein, J. L. (2018). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. Routledge.

Epstein, J.L. (2009). In School, family, and community partnerships: Your handbook for action (3rd ed.). USA: Corwin Press

Fitriah, M., & Madjid, A. (2020). Honesty: A multidimensional study as motivation for national character building. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 99-116.. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/hayula/article/view/11434

Flora, H. S. (2022). Etika dan Tata Tertib Disiplin Mahasiswa. Law Pro Justitia, 4(2).. https://ejournal-medan.uph.edu/index.php/lpj/article/view/512

Haroswinarti, K., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., & Mentari, E. G. (2021). A Case Study of Honest Character Development in Early Childhood in Bengkulu City. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 124-136...https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8607

Hassan, Z., Silong, A. D., & Muslim, N. (2009). Kepimpinan beretika dan kecemerlangan organisasi dalam perkhidmatan awam. Jurnal Pengajian Umum Asia Tenggara, 10, 39-52. http://journalarticle.ukm.my/1243/1/1.pdf

Huberts, L. W. (2018). Integrity: What it is and Why it is Important. Public Integrity, 20(sup1), S18-S32.

https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/10999922.2018.1477404

Ikhwan, A. (2016). Leadership In Islamic Education: Study Of Thematic Al-Qur'an And Al-Hadist. Ulul Albab: Jurnal Studi Islam,, 17(1), 31-48. doi:DOI: https://doi.org/10.18860/ua.v17i1.3253

Jubran, A. M. (2015). Educational Leadership: A New Trend that Society Needs. 4th International Conference on Leadership, Technology, Innovation and Business Management. 210, hal. 28 - 34. Irhed Jordan: Elsevoer Ltd. Diambil kembali dari https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.325

Kalbarini, R. Y., & Suprayogi, N. (2015). Implementasi akuntabilitas dalam konsep metafora amanah di lembaga bisnis syariah (Studi kasus: Swalayan Pamella Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(7), 315138.

Langgulung, H. (2003). Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna

Minkes, A. L., Small, M. W., & Chatterjee, S. R. (1999). Leadership and business ethics: Does it matter? Implications for management. Journal of Business Ethics, 20, 327-335.https://link.springer.com/article/10.1023/a:1005741524800

Molisa, P. (2010). Accountability and solidarity: Will you stand with me?. Critical Perspectives on Accounting, 6(21), 524. https://ideas.repec.org/a/eee/crpeac/v21y2010i6p524-524.html

Nata, A. (2003). Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT. Raja Grafindo.144

Qomar, Mujamil (2007), Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta : Erlangga

Qur’an Kemenag (2022), Lajnah Pentashihan Mushaf Al-qur’an Gedung Bayt Al-qur’an & Museum istiqlal jalan raya Taman Mini Indonesia Indah Pintu 1 Jakarta Timur

Sanders, M. G., & Sheldon, S. B. (Eds.). (2009). Principals matter: A guide to school, family, and community partnerships. Corwin Press.

Sidik, R., Mohamed, Z., & Yunos, N. (2011). Pengajian Islam (Edisi Kedua). Shah Alam: Oxford Fajar.

Sutarna, N., Cahyati, N., Heriyana, T., Anggraeni, D., & Lestari, I. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Karakter dan Keteladanan KH Ahmad Dahlan pada Siswa Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2506-2518.. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2167

Syafaruddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, hlm. 181

http://repository.uinsu.ac.id/2895/1/Manajemen%20Lembaga%20Pendidikan%20Islam.pdf

Downloads

Published

2023-07-23

How to Cite

Suhartono, S., Patimah, S., & Tasdiq. (2023). Pendekatan Manajemen Pendidikan Berbasis Manajemen Kehidupan dalam Islam. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 15(2), 120–130. Retrieved from https://journal.unuha.ac.id/index.php/JTI/article/view/2707
Abstract Views: 43 | File Views: 70