E-Modul Keanekaragaman Hayati Sebagai Implementasi Hasil Penelitian Jenis Tumbuhan Obat dan Pemanfaatannya Desa Kayen
DOI:
https://doi.org/10.30599/jti.v15i1.1750Keywords:
E-modul, Keanekaragaman Hayati, Tumbuhan Obat, Desa KayenAbstract
E-modul merupakan bahan ajar yang dikemas lebih fleskibel sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun oleh siswa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa e-modul memililiki beberapa keunggulan diantaranya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, kemampuan berpikir kritis serta meningkatkan prestasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Desa Kayen tentang jenis dan pemanfaatan tumbuhan obat oleh masyarakat Desa Kayen, hasil penelitian dapat diimplementasikan menjadi e-modul pembelajaran pada KD 3.2 kelas X SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah e-modul sebagai implementasi hasil penelitian layak atau tidak dijadikan sebagai e-modul pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif sederhana. Berdasarkan hasil validasi pada 19 kriteria dari 3 sub bab validasi yaitu validasi materi, validasi kebahasaan dan validasi kegrafikan, maka didapatkan skor 69 dan 49. Adapun hasil rata-rata dari akumulasi skor kedua validator adalah 59. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul sebagai implementasi hasil penelitian “layak” dijadikan sebagai e-modul pembelajaran kelas X SMA.
Downloads
References
Anggraini Diah Puspitasari. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Fisika, Jurnal Pendidikan, 7(1), 17–25. http://journal.uin alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Artanti. (2020). Keanekaragaman Hayati. In Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.
Hadi, K. (2017). Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X. BIOnatural, 4(2), 42–52.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Developing Interactive Chemistry E-Modul For The Second Grade Students of Senior High School. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.
Nordiansyah, M. R. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Menggunakan Media Flipbook Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 06 Dau-Malang.
Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389.
Ramli L., A., Samsurizal, M. S., & Ramadani. (2016). Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Pada Masyarakat Suku Kaili Ija Di Desa Bora Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Biocelebes, 10(1), 76–90.
Ridhwan, M. (2012). Tingkat Keanekaragaman Hayati dan Pemanfaatannya di Indonesia. Jurnal Biology Education, 1(1), 1–17.
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800.
Wijayanto, & Zuhri, M. S. (2014). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Dengan Model Project Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Mathematics and Sciences Forum, 625–628. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/masif2014/masif2014/paper/viewFile/487/436
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khazanah Pendidikan, 15(2), 139–144. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Klarisa Aulia Rahma Rahma, Ary Susatyo Nugroho Nugroho, Eko Retno Mulyaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.