Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses di SMPN Kecamatan Belitang Madang Raya

Authors

  • Wahid Gunarto SMP Negeri 3 Belitang Madang Raya

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.140

Keywords:

Pendekatan Pembelajaran Keterampilan Proses, Hasil Belajar, Listrik Statis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat dan perhatian siswa tarhadap mata pelajaran IPA, sehingga hasil belajar siswa belum tuntas secara klasikal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar IPA khususnya materi pembelajaran Fisika melalui menerapkan pendekatan pembelajaran keterampilan proses. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik tes. Adapun analisis data yang digunakan adalah teknik deskripsi dari data observasi dan tes. Dari analisis data didapatkan hasil penelitian dari pra siklus sampai ke siklus II yaitu persiapan guru mengalami peningkatan dari 74,0% pada pra siklus, 81,0% pada siklus I dan 96,3% pada siklsu II. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari 50,0% pada pra siklus, 77,1% pada siklus I dan 98,0% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari ketuntasan 67,0% pada pra siklus, 77,8% pada siklus I dan 96,3% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari kriteria cukup, baik dan sangat baik. Dengan hasil tersebut maka peneliti berkesimpulan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran Listrik Statis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan: Edisi ke dua. Jakarta: Bumi. Aksara

Firdaus, T., & Sinensis, A. R. (2017). Keterampilan Dasar Kinerja Ilmiah Pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 102-110.

Hamalik, O. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Hopkins, D. (2014). A teacher's guide to classroom research. McGraw-Hill Education (UK).

Rohani, A., & Ahmadi, A. (2004). Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-undang Republik Indonesia No.20 th 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia

Downloads

Published

2018-01-28

How to Cite

Gunarto, W. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses di SMPN Kecamatan Belitang Madang Raya. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 39–47. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.140

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 1923 | File Views: 1615