Al-I'tibar : Jurnal Pendidikan Islam https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA <p style="text-align: justify;"><strong><em>Al-I'tibar </em></strong>is a Islamic education journal published with a view to facilitating academics and researchers to publish their research results in the field of Islamic Education Innovation and Research. Jurnal Al-I'tibar is a journal published by Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Nurul Huda. Al-I'tibar began to appear in Pebruari 2016 that is Vol. 1 No. 1 the year 2016, with and periodically published twice per year in February and August. Al-I'tibar has <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1499317178&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">E-ISSN 2581-222X</a> and <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1462156243&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">P-ISSN 2527-4546</a> with <span style="font-family: helvetica; font-size: small;"><span style="font-family: helvetica; font-size: medium;">SK no. 0005.25274546/JI.3.1/SK.ISSN/2016.05 - 19 Mei 2016 (mulai edisi Vol. 1, No. 2, Agustus 2016)</span></span>.</p> en-US [email protected] (Al I'tibar) [email protected] (Marlina, M.Pd.1) Sat, 10 Feb 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Studi Komparasi Tentang Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PAI Dengan Menggunakan Media Game Kahoot Dan Quizizz https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3206 <p>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis Siswa pada Pembelajaran PAI dengan menggunakan Media Game <em>Kahoot</em> dan<em> Quizizz</em> di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis Komparasi. Subyek Penelitian adalah siswa kelas X yang populasinya berjumlah 392 siswa dan menggunakan <em>Purposive Sampling</em> yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa serangkaian Tes. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji T. Adapun hasil perhitungan dari penelitian ini menunjukkan bahwa t<sub>hitung= </sub>4,111 lebih besar dari pada t<sub>tabel= </sub>2,001. Sehingga H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1 </sub>diterima, artinya terdapat Perbedaan kemampuan berpikir kritis Siswa pada pembelajaran PAI dengan menggunakan Media Game <em>Kahoot</em> dan <em>Quizizz</em> di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo.</p> Ainur Rosyidah, Laila Badriyah Copyright (c) 2024 Ainur Rosyidah, Laila Badriyah http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3206 Sat, 10 Feb 2024 00:00:00 +0000 Islam dan Pendidikan Adab Modern: Dakwah Kekinian Sebagai Kontra Narasi di dalam Tiktok https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3261 <p>Tujuan dari penulisan atau penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas platform media Tiktok sebagai sarana atau media dakwah umat Islam yang pada akhirnya akan membuka pikiran masyarakat atau khususnya pembaca bahwa Tiktok tidak hanya memberikan pengaruh negatif saja, tetapi banyak hal positif yang dapat peneliti lakukan dan temukan di platform media sosial tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai jurnal yang sesuai dengan variabel penelitian. Evaluasi dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman atau wawasan kepada khalayak.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Pendidikan Islam, Tiktok, Dakwah.</p> Wiranthy Nur Syawitri, Shobah Shofariyani Iryanti Copyright (c) 2024 WIRANTHY NUR SYAWITRI RANTHY, Shobah Shofariyani Iryanti http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3261 Sat, 10 Feb 2024 00:00:00 +0000 Muslim Milenial Dalam Dinamika Kurikulum Merdeka Belajar: Dakwah Ustad Hanan Attaki Dalam Diskursus Pendidikan Progresif https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3262 <p>Dakwah di era globalisasi saat ini memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai media dalam menyebarkan pesan-pesan Islam. Banyak bermunculan media sosial yang berguna untuk mempermudah penyebaran dakwah Islam yang dilakukan oleh para cendekiawan muslim. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, yang melibatkan analisis komprehensif terhadap platform media sosial yang digunakan oleh Ustadz Hanan Attaki untuk berdakwah. Selain itu, penelitian ini juga menggali metode spesifik yang digunakan oleh Ustadz Hanan Attaki, menyoroti karakteristik unik yang berkontribusi terhadap efektivitas dakwahnya dalam berinteraksi dengan audiens milenial. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang strategi dakwah yang digunakan di era digitalisasi dan konvergensi media, yang menawarkan kontribusi berharga bagi wacana yang berkembang tentang penjangkauan Islam di era kontemporer.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Dakwah, Media sosial, Ustadz&nbsp; Hanan Attaki, Retorika Dakwah, Merdeka Belajar.</p> Mahesa Sandi, Shobah Shofariyani Iryanti Copyright (c) 2024 Mahesa Sandi, Shobah Shofariyani Iryanti http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3262 Sat, 10 Feb 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan Media Pembelajaran Se_U (Simple Usholli) Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di MTs Salafiyah Syafi'iyah Seblak Jombang https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3212 <p>Penelitian bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran aplikasi Se_U (Simple Usholli)&nbsp; berbasis aplikasi adroid yang dibuat dengan menggunakan <em>power point</em> dan <em>ispring suit</em>e yang berisi tentang materi kelas VII Madrasah Tsanawiyah khususnya bab shalat. Konten diperoleh dari berbagai sumber dan diolah menjadi media pembelajaran berbasis aplikasi android. Penelitian dilakukan di MTs Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau di sebut juga <em>Research and Development</em>. Penelitian ini menggunakan alat Skala Likert untuk menentukan hasil penelitian dan divalidasi oleh alhli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukan peneliti masuk dengan kategori baik dengan hasil ahli materi 82 %, ahli media 92 %, dan hasil angket respon siswa sebesar 91 %. Selanjutnya media pembelajaran berbasis andorid bisa dipakai sebagai peneletian yang berjudul “ Pengembangan Media Pembelajaran Se_U (Simple Usholli) Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII&nbsp; di MTs Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang”.</p> Siti Anifah, Hidayatur Rohmah Copyright (c) 2024 Siti Anifah, Hidayatur Rohmah http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3212 Sat, 10 Feb 2024 00:00:00 +0000 Manajemen Keuangan Di Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Ar- Raudlatul Hasanah Medan https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3293 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen keuangan di Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Ar- Raudlatul Hasanah Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian ini yaitu, kegiatan perencanaan anggaran (<em>Budgetting</em>) di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah tingkat Aliyah berpacu pada anggaran pesantren, namun untuk metode para staff Aliyah menggunakan sistem input data di aplikasi sesuai dengan standart yang ada di KEMENAG seperti standart sarana dan prasarana dan lain-lain. Adapun Pelaksanaan keuangan Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah tingkat Aliyah pada dana BOS, maka yang melibatkan tim inti madrasah. Adapun tim inti madrasah tersebut ialah kepala madrasah, bendahara dan juga kepala tata usaha Aliyah. Sedangkan evaluasi keuangan di tingkat Aliyah adalah dalam pelaksanaan sistemnya. Karena tidak hanya bagian Aliyah saja yang berkecimpung didalamnya melainkan banyak melibatkan seksi-seksi lainnya.</p> Auliya Fahma Auliya, Arida Salsabilah, Muhammad Rizky Copyright (c) 2024 Auliya Fahma Auliya, Arida Salsabilah, Muhammad Rizky http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3293 Sat, 10 Feb 2024 00:00:00 +0000 Comparison Of Management Of Nihayatul Amal Islamic Boarding School In Central Karawang Regency With Al-Muhajirin Islamic Boarding School In Purwakarta Regency https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3318 <p class="Abstact"><span lang="IN">This article discusses the comparison of management at the Nihayatul Amal and Al-Muhajirin Islamic boarding schools, with the aim of knowing the similarities, differences, disadvantages and advantages between the two. Then this article is in the form of qualitative research with a critical analysis approach to the two Islamic boarding schools, and the data taken is the result of searching for previous research such as journals, books and so on as well as interviews with the alumni concerned. The result obtained is that these two Islamic boarding schools have their own characteristics, especially in terms of curriculum where the Nihayatul Amal boarding school is more inclined to the classical system but the Al-Muhajirin pesantren uses an integration system between classical and modern, as well as from the organization of the Al-Muhajirin pesantren they recruit service students who have been declared to have passed strata 1 while in the Nihayatul Amal boarding school only service students have participating in PKL activities, and from an institutional point of view, Nihayatul Amal has the status of a pure Islamic boarding school while Al-Muhajirin has the status of a foundation.</span></p> Shihabul Millah Copyright (c) 2024 Shihabul Millah http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3318 Fri, 16 Feb 2024 00:00:00 +0000 Comparison Of Islamic Education Modernization Of Imam Hatip Anatolian Turkish School With Al-Azhar Islamic School 9 Yogyakarta Indonesia https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3319 <p class="Abstact"><span lang="IN">The Imam Hatip School is the focus of modern Islamic education by Turkish society. In addition, the purpose of the study is to prove that Islamic schools in Turkey modernize Islamic education in Imam Hatip schools. Of course, Islamic educational institutions present an education system that produces students who have general knowledge and are supported by good religious knowledge. Al-Azhar Islamic High School 9 Yogyakarta Islamic education still maintains its religious identity in the same way as Islamic boarding schools and madrasas, but there are some that have carried out a renewal agenda in response to the guidance of modern times. The consequence of Islamic school education is with high school administration in the modern Islamic Religious Education system today. The modernization of Islamic education in Turkey and Indonesia cannot be separated from the role of reformers who received enlightenment from the modernization movement in the field of education. The modernization aspects that need to be considered in educational institutions include: by adding modern science and Islamic religious science.</span></p> Danu Firman Setiaji Copyright (c) 2024 Danu Firman Setiaji http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3319 Fri, 16 Feb 2024 00:00:00 +0000 Analisis Efektivitas Penggunaan Ice Breaking Dalam Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL ) SMK Negeri 01 Buay Madang https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/2777 <p>The research was carried out because researchers found interesting experiences during their educational internship at SMK Negeri 01 Buay Madang. These findings indicated that students experienced a lack of motivation in participating in learning activities, such as easily feeling bored, sleepy, and having difficulty maintaining focus. To increase students' learning motivation, namely by using Ice Breaking. The research aims: (1) How is Ice Breaking used in class XI AKL, (2) What are the supporting and inhibiting factors for using Ice Breaking, (3) What is the level of students' learning motivation. This research uses a qualitative approach with a qualitative descriptive type. Data was collected through interviews, observation and documentation. The research results showed that: (1) The use of Ice Breaking in class XI AKL occurred spontaneously during learning activities. (2) Supporting factors for using Ice Breaking include the attitude of students who are easy to direct, the enthusiasm and interest of students, the creativity of educators, and the availability of infrastructure. Factors inhibiting the use of Ice Breaking include student characteristics, educator limitations, and time constraints. (3) The interview results show that the use of Ice Breaking in class XI AKL has a positive impact on increasing students' learning motivation. By using Ice Breaking, the atmosphere and conditions in class XI AKL become more interesting, so that students are motivated and enthusiastic to take part in the learning process.</p> Marlina, Nikmatus Solehah, Suhartono Copyright (c) 2024 Marlina, Nikmatus Solehah, Suhartono http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/2777 Fri, 16 Feb 2024 00:00:00 +0000