Parenting Program bagi Wali Murid dan Guru SD N 2 Tambah Subur

Authors

  • Nurul Aini Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Rangga Mega Putra Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Bambang Ariyanto Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Eny Maulita Purnama Sari Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Siti Mutmainah Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30599/jimi.v6i1.3394

Keywords:

Guru SD, Parenting Program, Wali Murid, Pendampingan

Abstract

Kegiatan ini dilakukan dengan pendampingan kelompok wali siswa dan guru SD N2 Tambah Subur (TS). Tujuannya untuk membantu masyarakat memahami pola asuh anak yang baik. Metode pelaksanaannya terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap warming up, pemaparan, pendampingan, dan penutup. Subyeknya adalah wali siswa dan guru SD N2 TS. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan pengetahuan masyarakat terkait pendidikan anak di keluarga, karena program parenting dari sekolah belum terserap maksimal oleh wali siswa. Oleh karena itu, tim pengabdian memfasilitasi dengan mengadakan pendampingan skala kecil kepada wali siswa dan guru SD N2 TS. Hasil dari parenting program ini menunjukkan 98% wali siswa dan guru memberikan feedback yang baik. Selain itu, 80% kelompok guru mampu menjadi role model bagi wali siswa dalam pola asuh anak di keluarga. Kemudian, 75% wali siswa cukup baik menerapkan pola asuh anak di keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. I. (2003). Pendidikan Keluarga Bagi Anak. Lektur.

Arifin, Z. (2010). Evaluasi Pembelajaran Prinsip,Teknik,Prosedur (P. Latifah (ed.)). Remaja Rosdakarya.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Dewantara, K. H. (1961). Ilmu Pendidikan. Taman Siswa.

Fauzi, R. Y., Alfiasari, & Riany, Y. E. (2022). the Influence of Parenting Practices and Characters Toward Subjective Well-Being in Adolescents. Journal of Child, Family, and Consumer Studies, 1(3), 220–228. https://doi.org/10.29244/jcfcs.1.3.220-228

Herawati, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Stabilitas Emosi Terhadap Kemandirian Mahasiswa Perantau. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 201–210. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4774

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Junita, N. E. (2021). Parenting dalam Meningkatkan Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–63. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.v5i2.11002

Marzatifa, L., Inayatillah, & Agustina, M. (2021). Ice Breaking: Implementasi, Manfaat dan Kendalanya untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 132–143. https://doi.org/10.32505/3013

MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, R. I. (2014). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA. In STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (No. 137; 2, Vol. 10, Issue 1). https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699

Morrison, G. R., & Rose, S. M. (2014). Research-based instructional perspectives. In J. M. Spector, M. D. Merrill, J. Elen, & M. J. Bishop (Eds.), Handbook of Research on Educational Communications and Technology (4th ed., pp. 30–38). Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5_3

Pertiwi, L. K., Febiyanti, A., & Rachmawati, Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 19–30. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/CD.V12l1.26702

Pratiwi satriani, N. made, Pudjawan, K., & Suarjana, I. made. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Arias dengan Selingan Ice Breaker terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 312. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16147

Saadé, R. G., & Kira, D. (2004). Effectiveness of an Interactive Application to Assist Learning: A Test Case. Journal of Information Systems Education, 15(4), 357–363. https://jise.org/Volume15/n4/JISEv15n4p357.pdf

Soemarjan, S. (1964). Setangkai Bunga Sosiologi (1st ed.). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. https://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=20104829

Sofyatiningrum, E., Ulumudin, I., & Perwitasari, F. (2019). Kajian Umpan Balik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Assesment, 2(2), 56. https://doi.org/10.26499/ijea.v2i2.36

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya (14th ed.). Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=8o5_tQEACAAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PA3#v=onepage&q&f=false

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Aini, N., Rangga, R. M. P., Bambang, B. A., Sari, E. M. P., & Ina, S. M. (2024). Parenting Program bagi Wali Murid dan Guru SD N 2 Tambah Subur . Jurnal Indonesia Mengabdi, 6(1), 7–17. https://doi.org/10.30599/jimi.v6i1.3394
Abstract Views: 9 | File Views: 8