Pelatihan Pembuatan Instrumen Tes Fisika dan Matematika Bagi Guru sebagai Solusi untuk Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa

Authors

  • Ike Festiana Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Wiwin Rita Sari Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Astri Setyawati Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30599/jimi.v6i1.3380

Keywords:

Fisika, Instrumen Tes, Kemampuan kognitif, Matematika, Pelatihan.

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan instrumen tes Fisika dan Matematika bagi guru yang berguna untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa.  Tahapan pengabdian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.  Pada tahapan perencanaan dilakukan pembuatan instrumen tes kemampuan kognitif pada bidang Fisika dan Matematika.  Pada tahap pelaksanaan dilakukan sosialisasi intrumen tes kemampuan konitif untuk siswa dan guru-guru membuat instrumen tes kemampuan kognitif.  Pada tahap evaluasi dilakukan analisis terhadap instrumen tes yang dibuat oleh guru.  Instrumen kemudian diujicobakan dan dianalisis untuk melihat tingkat kemampuan kognitif siswa. Hasil pengabdian diperoleh bahwa guru dapat membuat instrumen tes Fisika dan Matematika sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran.

Basri, W. S., Alandejani, J. A., & Almadani, F. M. (2018). ICT adoption impact on students’ academic performance: Evidence from Saudi universities. Education Research International, 1-9.

Darouich, A., Khoukhi, F., & Douzi, K. (2017). Modelization Of Cognition , Activity And Motivation As Indi- Cators For Interactive Learning Environment. Advances In Science, Technology And Engineering Systems Journal, 2(3), 520–531.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(02).

Hill, M., Sharma, M.D., & H Johnston. (2015). How online learning modules can improve the representational fluency and conceptual understanding of university physics students. European Journal of Physics, 36(045019), 1-20.

Insani, S.U., Astuti, & Zulfa. (2020). Pelatihan Pengembangan Instrumen Penilaian Teknik Non Tes Bagi Guru MAN 4 Kampar. Community Deveopment Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-3.

Kurniawati, R.P & Rahmantika Hadi, F. (2021). Pelatihan Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis HOTS untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Altifani Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, 1(4), 267-276.

Pritchett, L., & Beatty, A. (2012). The negative consequences of overambitious curricula in developing countries. Center for Global Development Working Paper, (293).

Utari, R., Madya, W., & Pusdiklat, K. N. P. K. (2011). Taksonomi bloom. Jurnal: Pusdiklat KNPK, 766(1), 1-7.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Festiana, I., Sari, W. R., & Setyawati, A. (2024). Pelatihan Pembuatan Instrumen Tes Fisika dan Matematika Bagi Guru sebagai Solusi untuk Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Indonesia Mengabdi, 6(1), 18–22. https://doi.org/10.30599/jimi.v6i1.3380
Abstract Views: 7 | File Views: 10