Pelatihan Praktikum Listrik bagi MGMP Fisika Kabupaten Karawang

Authors

  • Martin Martin Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Felicianda Adrin Burhendi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Sugianto Sugianto Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Imas Ratna Ermawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Tri Isti Hartini Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Nuraeni Nanda Sari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Solehudin Solehudin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Armando Bachtiar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.30599/jimi.v6i1.3370

Keywords:

Praktikum Fisika, Rangkaian Listrik, Kemampuan Psikomotor.

Abstract

Salah satu dampak yang dirasakan dalam pembelajaran fisika pasca pandemi covid 19 adalah berkurangnya intensitas dalam kegiatan praktikum di laboratorium. Hal ini dikarenakan pembelajaran fisika saat pandemi covid 19 terlalu bergantung pada teknologi, khususnya pada kegiatan praktikum dilakukan dengan menggunakan Virtual Lab. Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk melakukan pendampingan praktikum pada MGMP Fisika Kabupaten Karawang. Pendampingan ini dilakukan secara luring dan diikuti oleh 25 peserta. Metode yang dilaksanakan pada kegiatan pendampingan ini adalah pendampingan secara tatap muka langsung. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan pendampingan ini adalah penyampaian materi meliputi tujuan praktikum, dasar teori, cara kerja dan pengolahan data, memberikan pemahaman cara penggunaan alat praktikum yang baik dan benar kemudian secara berkelompok, guru melakukan praktikum dengan judul Hukum Ohm, Jembatan Whatstone, Gaya Lorentz, Rangkaian RLC, Hukum Khirchoff secara bergantian. Melalui pendampingan ini diharapkan dapat memberikan penguatan dan motivasi kepada guru dalam melakukan praktikum tatap muka serta memberikan pemahaman pentingnya melakukan praktikum fisika untuk mendukung pemahaman konsep fisika. Luaran hasil pengabdian ini adalah artikel yang dipublikasikan dalam jurnal terindeks Sinta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani Novianti, B. (2021). Edukasi Dan Pendampingan Praktikum Fisika Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Suralaga Kecamatan Suralaga. 5(1).

Husniarti, D., Hadiati, S., & Angraeni, L. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Praktikum Ipa Materi Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (Jips), 3(2), 76–85. Https://Doi.Org/10.37729/Jips.V3i2.1689

Johar Alimuddin, W. P. (2022). Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(1), 1–8.

Muliandi, A., & Hamid, A. (2019). The Impact And Difference Of Laboratory Use On Student Learning Outcomes. In Asian Journal Of Science Education (Vol. 1, Issue 1). Http://Jurnal.Unsyiah.Ac.Id/Ajse/

Sarjono. (2018). Pentingnya Laboratorium Fisika Di Sma/Ma Dalam. Jurnal Madaniyah, 8.

Suyamto. (2022). Implementasi Praktikum Fisika Dengan Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Pembangkit Listrik Sederhana Tenaga Air. 2(1).

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Martin, M., Burhendi, F. A., Sugianto, S., Ermawati, I. R., Hartini, T. I., Sari, N. N., Solehudin, S., & Bachtiar, A. (2024). Pelatihan Praktikum Listrik bagi MGMP Fisika Kabupaten Karawang. Jurnal Indonesia Mengabdi, 6(1), 55–60. https://doi.org/10.30599/jimi.v6i1.3370
Abstract Views: 39 | File Views: 18