Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Pedesaan

Authors

  • Amriani Amir Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.30599/jimi.v5i2.2802

Abstract

Literasi numerasi adalah suatu kecakapan kecakapan dalam penggunaan angka dan simbol untuk memecahkan masalah praktis yang rutin dijumpai. Kemampuan literasi numerasi dari anak-anak sekolah dasar yang berdomisili pedesaan mengalami kemunduran karena pandemi Covid 19, sehingga perlu usaha keras untuk meningkatkan kembali kemampuan tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak sekolah dasar di dusun Baya desa Rodaya melalui peningkatan kemampuan literasi numerasi. Pogram pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilakukan melalui program bimbingan belajar di luar jam sekolah, secara periodik selama 1 bulan kegiatan, yang diikuti oleh anak sekolah dasar dari kelas 1 sampai kelas 6, dengan metode pembelajaran yang dikelompokkan dalam 3 bagian, yaitu kelompok kelas bawah (kelas 2 dan 2), kelas menengah (kelas 3 dan 4) serta kelas atas (kelas 5 dan 6). Berdasarkan evaluasi kegiatan yang dilakukan dengan pemberian ujian sebelum dan sesudah kegiatan bimbingan belajar, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi numerasi dari anak sekolah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, A., Ashari, A.M., Sofiana, M.S.J., Warsidah & Tavita, G.E. (2022). Profile Of Learning Literacy And Numeracy For Students Of Elementary School Through Campus Teaching 3 Activities, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 5(3), 85-89.

Masykur, R., Nofrizal., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.

Perdana, R & Suswandari, M., (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3 (1), 9-15.

Rahmawati Patta, dkk. 2021. Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-impulsif. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 212-217.

Rohaeti, E.E. 2012. Analisis Pembelajaran Konsep Esensial Matematika Sekolah Menengah Melalui Pendekatan Kontekstual Socrates. Jurnal Infinity, 1(2), 186-191.

Sari, I,P.,Purwasih, R., & Nurjaman, A. (2017). Analisis hambatan belajar mahasiswa pada mata kuliah program linear. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 39-46.

Shabrina, L.M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (2), 916-924.

Suswandari, M. (2018). Membangun budaya literasi bagi suplemen pendidikan di indonesia. Jurnal Dikdas Bantara, 1(1), 20–32.

Tim Gerakan Literasi Nasional (GLN). 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

aWarsidah., Amir, A., Linda, R., Sofiana, M.S.J & Satyahadewi, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Adaptasi Teknologi Melalui Program Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar No 5 Sejajah Kabupaten Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8 (2), 163-172.

bWarsidah, Ashari, A.M., Amir, A., Satyahadewi, N & Tavita, G.E. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Berbasis Tematik pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri No 16 Pontianak Utara, Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,7(4), 663–669.

Widiyono, A. Irfana, S & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ke-SDan Metodik Didaktik, 16 (2), 102-107.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Amir, A. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Pedesaan. Jurnal Indonesia Mengabdi, 5(2), 55–62. https://doi.org/10.30599/jimi.v5i2.2802
Abstract Views: 123 | File Views: 73