Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Kemampuan Speaking Siswa di SMPN 4 Majene
DOI:
https://doi.org/10.30599/jimi.v5i2.2761Abstract
Kegiatan ini merupakan pendampingan belajar yang terdiri dari pemberian materi dan praktik langsung untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris di SMP 4 Kab. Majene, khususnya skill berbicara. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa ketika berbicara di depan umum. Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap warming up, tahap pemaparan, dan penutup. Subyek dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi gabungan kelas VII, VIII, dan IX di SMP 4 Kab. Majene. Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan siswa yang ingin berlatih bahasa inggris namun belum tersedianya wadah di sekolah, oleh karena itu tim pengabdian meluangkan waktu untuk memberikan pendampingan kepada mereka. Hasil dari program pengabdian ini menunjukkan bahwa meningkatnya kepercayaan diri siswa-siswi untuk berbicara di depan kelas menggunakan bahasa inggris yang sebelumnya mereka merasa kurang percaya diri dan kurang kosa kata. Selain itu, pengabdian ini juga bermanfaat bagi mahasiswa yang terlibat yakni mereka bisa mempraktikkan bagaimana menghadapi peserta didik sebagai calon guru.
Kata kunci: Pendampingan, Bahasa Inggris, Speaking skill
Downloads
References
Batubara, S., & Nugroho, R. R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX MTsN 28 Jakarta pada masa Pandemi. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 18(1), 8–16. https://doi.org/10.34005/guidance.v18i01.1472
Fauzan, U., Muklis, M., Hadijah, S., Noor, W. N., Samu, L. O., Aulia, S., Safitri, D., Auliya R., A., Dani, S. A., & Zulfikar, M. (2023). Pendampingan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Melalui English Course. SIMAS, 1(2). https://doi.org/10.21093/simas.v1i2.7129
Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris sebagai dalam Menyongsong ASEAN. 3.
Hasnani, S., & Uleng, B. P. (2022). Pendampingan siswa dalam melatih kemampuan bahasa inggris berbasis language focused learning di SMA Negeri 13 Makassar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 6(1), 112–120.
Kusuma, C. S. D. (2018). Integrasi Bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Efisiensi – Kajian Ilmu Administrasi, XV(2), 43–50.
Maduwu, B. (2016). Pentingnya Mempelajari Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta Edisi, 50.
Marzatifa, L., Inayatillah, & Agustina, M. (2021). Ice Breaking: Implementasi, Manfaat dan Kendalanya untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Al-Azkiya: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MI/SD, 6(2). https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v6i2.3309
Rahayu, A. T., & Sibawaih, I. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris yang Menyenangkan melalui Pemahaman Gaya Belajar Siswa. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2).
Rahmania, A. (2022). Pengelolaan Kelas dalam Kegiatan Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-1. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(2), 30–43.
Satriani, N. P., Pudjawan, K., & Suarjana, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Arias Dengan Selingan Ice Breaker Terhadap Hasil Belajar Ipa. 2(3), 312–320.
Sofyatiningrum, E., Ulumudin, I., & Perwitasari, F. (2019). Kajian Umpan Balik Guru Terhadap Hasil Belajar siswa (Study of feedback on Students Learning outcomes). Indonesian Journal of Education Assessment, 2(2).
Sucihati, T. B., & Puput Jianggimahastu L.S, P. J. (2023). Pembeljaran Bahasa Inggris Anak Sekolah Dasar Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara di Desa Sidomulyo Madiun. CItakarya, 1(1), 38–42.
Susanthi, I. G. A. A. D. (2021). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan cara Mengatasinya. Linguistic Community Service Journal, 1(2).
Thariq, P., Aulia, E., Djusfi, A., Lestari, R., Fahrimal, Y., & Jhoanda, R. (2021). Sosialisasi Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2, 316. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i2.2835
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hustiana Hustiana, Asdar Asdar, Ahyadi Ahyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.