Pelatihan Aplikasi KOCO.SCHOOLS Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di SMA Muhammadiyah 25 Pamulang
DOI:
https://doi.org/10.30599/jimi.v5i1.1685Keywords:
Pelatihan, Aplikasi Koco School, Media InteraktifAbstract
Pada masa peralihan pembelajaran online ke offline akibat pandemi, para guru dituntut untuk mencari pembelajaran yang lebih inovatif dalam membantu peserta didik dalam proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa dapat tertarik dan mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Aplikasi KOCO.SCHOOLS sebagai sarana pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam mengelola kelas agar terciptanya proses pembelajaran yang maksimal dan tercapainya tujuan pembelajaran. Instrument yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana kepuasan peserta dalam mendapatkan pelatihan, yaitu menggunakan pree test dan post test. Berdasarkan dari hasil pre test, diperoleh data bahwa peserta yang tertarik dengan aplikasi tersebut sebanyak 96,2% dan peserta yang berencana akan menggunakan aplikasi KOCO.SCHOOLS sebagai media pembelajaran interaktif sebanyak 88,5% peserta. Kemudian berdasarkan hasil post test, diperoleh data bahwa terjadi penurunan pada ketertarikan peserta terhadap aplikasi KOCO.SCHOOLS sebanyak 22,9%, dari 96,2% turun menjadi 73,3%. Peserta mengharapkan pengembangan berlanjut terhadap aplikasi KOCO.SCHOOLS ini agar bisa lebih menarik lagi untuk digunakan oleh tenaga pengajar di Indonesia.
Downloads
References
Adri. 2013. “Pengembangan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran.” Pendidikan 2 (1): 10.
Alifalya, Dinda. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Learning Management System (Lms) Pada Materi Evolusi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sma Skripsi.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Ekayani, Putu. (2017). 2017. “Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Https://Www.Researchgate.Net/Publication/315105651.
Fitriani, Yuni. 2020. “Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19.” Journal of Information System, Informatics and Computing 4 (2): 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312.
Kurniawan, B., & Purnomo, A. (2020). aditra,+1.+Bayu+Kurniawan+1-9. 4(1), 1–9.
Lestari, B. B., Widyatama, P. R., Sandri, A., & Selek, D. (2022). Pemanfaatan Wordwall Sebagai Media Pembelajaran : Pelatihan Guru Di Sma Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. 3(1), 176–184.
Miftah, M. 2013. “Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa.” Jurnal Kwangsan 1 (2): 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7.
Nenohai, J. M. H., Garak, S. S., Ekowati, C. K., & Udil, P. A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Kelas Rendah Sekolah Dasar Inpres Maulafa Kota Kupang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.574
Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 3 (1): 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.
Rohani. 2019. Diktat Media Pembelajaran.
Sampoerna, S. T., Rahardja, U., Mardiana, Devana, V. T., & Lestari Santoso, N. P. (2022). Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran iLearning 2.0 Sebagai Pengabdian Masyarakat Terhadap Pendidikan Tinggi. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 46–55. https://doi.org/10.34306/adimas.v2i2.567
Satriansyah, M. Edi. 2016. “Penggunaan Media Interaktif Pada Pembelajaran Konsep Usaha Dan Energi Di Mtss Ulumul Quran Banda Aceh.”
Siregar, Tiur, Zulkifli Matondang, and Suci Frisnoiry. 2020. “Learning Management Sistem ( Lms ) Sebagai Media Work From Home ( Wfh ).” In Virtual Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UNIMED “Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi.”
Yana, Dewi, and Adam Adam. 2019. “Efektivitas Penggunaan Platform Lms Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.” Jurnal Dimensi 8 (1): 1–12. https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1816.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lismawati Lismawati, Imas Ratna Ermawati, Mutiara Rizky Nazmia, Fathiyyah Adilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.