EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN SISWA PADA MATERI HYGIENE DAN SANITASI DI SMK PARIWISATA HARAPAN DENPASAR

Authors

  • Made Rubinnalda Cahya Dedi Universitas Dhyana Pura
  • I Ketut Suartana Universitas Dhyana Pura
  • I Putu Pranatha Sentosa Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v6i02.1697

Keywords:

Media Google Classroom, Motivasi, Kedisiplinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran google
classroom dalam meningkatkan motivasi dan kedisiplinan siswa kelas XII Jasa Boga di SMK
Pariwisata Harapan Denpasar. Rancangan desain penelitian mengunakan rancangan one shot
case study. Variabel bebas yang digunakan adalah media google classroom dalam proses
pembelajaran dan variabel terikat menggunakan motivasi dan kedisiplinan belajar siswa.
Media google classroom dalam setting belajar cukup efektif untuk meningkatkan motivasi
belajar dan kedisiplinan siswa kelas XII Jasa Boga di SMK Pariwisata Harapan Denpasar,
dapat dilihat dari nilai pencapaian motivasi belajar siswa dengan kategori sangat baik dilihat
dari nilai rata-rata 67,00. Media google classroom dalam setting meningkatkan efektif untuk
motivasi belajar siswa kelas XII Jasa Boga di SMK Pariwisata Harapan Denpasar, dapat
dilihat dari pencapaian motivasi belajar siswa dan kedisiplinan siswa dengan kategori sangat
baik dilihat dari nilai rata-rata 85,80. Media pembelajaran menggunakan google classroom
digunakan untuk meningkatkan motivasi dan kedisiplinan siswa dengan hasil relatif lebih baik
karena pada hasil uji deskriptif motivasi belajar siswa dengan nilai minimum 64,00 dan nilai
maksimum 95,00 untuk hasil uji deskriptif kedisiplinan nilai minimum 65,00 dan nilai
maksimum 99,00 dalam meningkatkan motivasi belajar dan kedisiplinan siswa pada mata
pelajaran hygiene dan sanitasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmoko. (2017). Peningkatan Hygiene dan Sanitasi Sebagai Upaya Menjaga

Kualitas Makanan Dan Kepuasan Pelanggan Di Rumah Makan

Dhamar Palembang. Jurnal Khasanah Ilmu, 8(1), 1-9.

Bisri,H., & Ichsan, M. (2015). Penilaian Otentik Dengan Teknik Nontes Di

Sekolah Dasar. Jurnal Sosial Humaniora, 6(2), 81–93.

Dzulfaroh, A. N. (2020, Maret 12). Virus Corona Jadi Pandemi Global, Apa

Dampak dan Langkah Selanjutnya?. KOMPAS.com. Retrieved from

https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/12/064800265/viruscorona-jadi-pandemi-global-apa-dampak-dan-langkah-selanjutnya

Hakim dalam Nadziroh. (2017). Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran

Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi

Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1-14.

Nadziroh. (2017). Analisa efektiftas sistem pembelajaran berbasis elearning.

Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual, 2 (1), 1-14.

Pranitasari, D., & Nabihati, L. (2019). Analisis Kedisiplinan Kerja

Berdasarkan Status Karyawan. Jurnal Online Internasional & Nasional,

(1), 32–51.

Safira, I., Ismail, I., & Taiyeb, A. M. (2018). Pengembangan Media

Pembelajaran Biologi Berbasis Web pada Konsep Sistem Pencernaan

di Sekolah Menengah Atas. UNM Journal of Biological Education,

(2), 12-27.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan

Ageng Tirtayasa, 2(1), 470-477

Sutrisno, Edy. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama.

Jakarta:Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatis dan R & D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-08-28

How to Cite

Cahya Dedi, M. R., Suartana, I. K., & Pranatha Sentosa, I. P. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN SISWA PADA MATERI HYGIENE DAN SANITASI DI SMK PARIWISATA HARAPAN DENPASAR. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 6(02), 53–61. https://doi.org/10.30599/utility.v6i02.1697
Abstract Views: 123 | File Views: 187