Analisis Kata Serapan Bahasa Asing pada Cerpen Kompas "Elisa Mengaku Kawin dengan Telepon Selulernya" Karya Zaenal Radar T

Authors

  • Sugiarti Sugiarti Universitas Nurul Huda
  • Sundari Sundari Universitas Nurul Huda
  • Yusnita Anggraeni Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/spbs.v5i2.2816

Keywords:

Bahasa, Cerpen, Kata Serapan

Abstract

Bahasa merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia karena bahasa digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi  satu sama lain. Bahasa tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan akan terus mengikuti perkembangan kehidupan manusia. Perkembangan zaman yang semakin modern juga mengarah pada perkembangan kosakata bahasa Indonesia. Salah satu ciri  bahasa Indonesia adalah munculnya kata serapan dari bahasa asing.  Bahasa Indonesia juga terus mengalami perubahan, terutama dalam hal kosakata. Bahasa asing yang mempengaruhi perkembangan kosakata bahasa Indonesia selain itu bahasa daerah adalah bahasa Sansekerta, Arab dan Inggris. Kata serapan adalah kata yang berasal dari bahasa asing atau bahasa daerah, yang kemudian digunakan dalam bahasa Indonesia. Fokus penelitian ini adalah menemukan dan menganalisis kata serapan dari cerpen karya Zaenal Radar T, Elisa Mengaku Kawin dengan Telepon Selulernya. Teknik pengumpulan data yang digunakan mengikuti langkah-langkah berikut: 1. mengidentifikasi isi cerita pendek yang terdapat kata serapan dari bahasa asing, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Jawa 2. mengklasifikasikan kata serapan dari bahasa asing 3. Analisis makna serapan dari bahasa asing, 4. Menguraikan hasil analisis bacaan dan teknik penarikan kesimpulan, teknik menyimak dan teknik mencatat. Selain itu, teknik analisis data meliputi identifikasi, klasifikasi, interpretasi dan deskripsi. Hasilnya adalah 2 kata serapan bahasa Jawa dan  21 kata bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashilah, Ayu Putri.(2020). Kosa Kata Serapan Bahasa Inggris dalam KBBI V. Jurnal Sapala.7 (1).

Bahri, S. (2016). Asimilasi dan Adaptasi Kosa Kata Arab dalam Bahasa Indonesia. Nizham: Journal of Islamic Studies,1, 13.

Hastuti, Nur. (2018). Novel Bumi Manusia Karya Pramoedyaananta Toer. Jurnal UNDIP. 25(1).

Matras, Y. (2009). Language Contact. Inggris: Cambridge University Press.

Radar T, Zaenal. (2023). Cerpen "Elisa Mengaku Kawin dengan Telepon Selulernya". Jakarta: Alvabert.

Downloads

Published

2023-10-19
Abstract Views: 145 | File Views: 144