Manajemen Mutu Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Tanjung Bulan

Authors

  • Ani qotul Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Tri Ratna Dewi Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Nor Kholidin Universitas Nurul Huda OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v5i1.1948

Keywords:

Manajemen Mutu, Pembelajaran, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Skripsi ini membahas Manajemen Mutu Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyyah Nurussalam Tanjung Bulan. Kajiannya dilatar belakangi oleh mutu pelaksanaan pembelajaran yang seringkali belum efektif, sehingga kualitas pembelajaran perlu dilaksanakan untuk membantu guru dalam rangka meningkatkan kinerjanya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan;  Bagaimana perencanaan manajemen mutu pembelajaran di MI Nurussalam Tanjung Bulan, Bagaimana pelaksanaan manajemen mutu pemeblajaran  di MI Nurussalam Tanjung Bulan , Bagaimana evaluasi manajemen mutu pembelaajaran di MI Nurussalam Tanjung Bulan , Bagaimana pengawasan manajemen mutu pembelajaran di MI Nurussalam Tanjung Bulan Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua datanya dianalisis dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Mutu Perencanaan pembelajaran I MI Nurusslam Tanjung Bulan di mulai dengan penyusunan program kerja. Penyusunan program kerja dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran yang didalamnya berisi tentang perencanaan pembelajaran tiap proses pembelajaran. (2) Mutu Pelaksanaan pembelajaran di MI Nurussalam Tanjung Bulan yang dilaksanakan oleh guru Madrasah. Pelaksanaannya dilakukan setiap hari pada saat kegiatan proses pembelajaran. (3) Dalam melaksanakan Mutu evaluasi pembelajaran di MI Nurussalam Tanjung Bulan guru melakukan tes untuk peserta didik, baik tes tertulis,  lisan, maupun perbuatan yang dilakukan oleh peserta didik pada saat pembelajaran. (4) Untuk Mutu Pengawasan kepala madrasah melakukan pembinaan dengan melaksanakan diskusi kepada staf guru yang ada di madrasah, pembinaan yang diberikan guru untuk  mengajar dan memantapkan rencana pembelajaran sebelum kegiatan belajar mengajar. Dalam mengawasi evaluasi pelaksanaan pembelajaran, kepala madrasah melaksanakan beberapa pembinaan diantaranya; a) mengadakan pelatihan-pelatihan, b) mengembangkan strategi dan media, d) menilai, dan revisi. Dan terakhir yang dilakukan kepala madrasah sebagai supervisor adalah membuat laporan setiap semester dan setiap tahun terkait dengan pelaksanaan yang sudah dilakukan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin Muzayyin. 2003. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arifin Muhammad & Barnawi. 2013. Unggul Berbasis Peningkatan Mutu. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Jamil Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar ruzz Media.

Martiyono. 2012. Perencanaan Pembelajaran Suatu Pendekatan Praktis Berdasarkan KTSP Termasuk Model Tematik. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran Menuju Efektifitas Pembelajaran di Abad Global. Malang: UIN Maliki Pres.

M. Burhan Bungin. 2010. Penelitian Kulitatif Komunikasi Ekonomi, Kebijakan Publik, & Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

M. Fatkhurohman & Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: AR ruzz Media.

M. arifin & Barnawi. 2013. Unggul Berbasis Peningkatan Mutu. Yogyakarta: Ar ruzz Media.

M. Sobry Sutino. 2013. Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Berhasil. Lombok: Holistica.

Nanang Fattah. 2011. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peni Susapti. 2015. Pembelajaran Berbasis Alam. STAIN Salatiga: Jrnal Online

Syaiful Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan, Bandung; Alfabeta,2010.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional)2003 Beserta Penjelasannya, Bandung: Fokus Media, 2003.

Zazin Nur, 2011. Gerakan Menata Mutu Pendidikan Teori & Aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

qotul, A., Ratna Dewi, T., & Kholidin, N. (2023). Manajemen Mutu Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Tanjung Bulan. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(1), 42–47. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i1.1948
Abstract Views: 233 | File Views: 176