Analisis Bibliometrik : Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Nurwinda Apriyani Universitas Islam An Nur Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30599/thc40q73

Keywords:

Analysis, Bibliometrics, Problem Based Learning, Mathematics Learning

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah dikembangkan dalam beberapa bentuk, salah satunya melalui proses pendidikan matematika. Penelitian ini berupaya mengidentifikasi tren dan titik fokus penelitian mengenai pembelajaran berbasis masalah dalam pendidikan matematika. Metodologi yang digunakan adalah analisis bibliometrik. Populasi penelitian bersumber menggunakan program Publish or Perish (PoP) dari tahun 2019 hingga 2023, dengan 200 artikel dipilih sebagai sampel yang memenuhi kriteria kata kunci. Data dicatat dalam Microsoft Excel sebagai bahan pengolahan dan dalam format RIS untuk pemanfaatan dalam perangkat lunak VOSviewer untuk memudahkan pemetaan dalam analisis pola penerbitan. Hasil studi, yang diperoleh dari penelitian utama yang dilakukan antara tahun 2019 dan 2023, menunjukkan adanya tren dalam pembelajaran berbasis masalah dalam pendidikan matematika. Temuan analisis menunjukkan bahwa mata kuliah yang jarang diteliti terkait dengan pembelajaran berbasis masalah berkaitan dengan masalah matematika

References

Febrian, Baiq, Sari Rizki, Ahmad Harjono, Aisa Nikmah Rahmatih, and Asri Fauzi. 2024. “Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik Kelas IV Dengan Model Problem Based Learning ( PBL ).” 6(4).

Fitri, Mahmidatul, Putri Yuanita, and Maimunah Maimunah. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL).” Jurnal Gantang 5(1):77–85. doi: 10.31629/jg.v5i1.1609.

Khikmiyah, Fatimatul. 2021. “Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1):1–12. doi: 10.30605/pedagogy.v6i1.1193.

Lubis, Maulana Arafat, and Nashran Azizan. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Smp Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan Tahun Pelajaran 2018/2019.” Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains 6(02):150. doi: 10.24952/logaritma.v6i02.1282.

Nisa’, Rosyidatun, Anatri Desstya, and Edy Heru Prasetyo. 2024. “Peningkatkan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 8(2):1254–64. doi: 10.31004/basicedu.v8i2.7351.

Pujiati, Pujiati. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Aritmetika Sosial.” Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 14(1):1–6. doi: 10.55215/pedagogia.v14i1.4787.

Puspitasari, Ika Ayu, Program Studi, Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur, and Google Scholar. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika.” Prosiding 2:75–92.

Sukmawati, Rega. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01.” Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia 2(2):49–59. doi: 10.59784/glosains.v2i2.21.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Analisis Bibliometrik : Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. (2025). Trigonometri: Jurnal Matematika, 2(1), 33-38. https://doi.org/10.30599/thc40q73

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.