Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berdiferensiasi untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SD/MI Muhammadiyah Metro

Authors

  • Lisa Meilinda Sari Universitas Muhammadiyah Metro
  • Dwi Rahmawati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Sutrisni Andayani Universitas Muhammadiyah Metro

DOI:

https://doi.org/10.30599/amqvj952

Keywords:

Multimedia, Interaktif, Berdiferensiasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan media dalam pembelajaran matematikayang perlu dikembangkan untuk peserta didik kelas 4 SD/MI Muhammadiyah Metro. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas 4 SD Muhammadiyah Metro Pusat. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan angket. Tahapan analisis yang dilakukan yaitu mentranskrip data, menelaah data, mereduksi data, mendeskripsikan, dan membuat kesimpulan. Analisis data hasil angket dan tes dianalisis dengan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang digunakan pendidik kelas masih belum bervariasi, peserta didik membutuhkan bahan ajar yang mudah dipahami dan dapat digunakan secara mandiri, peserta didik membutuhkan media yang interaktif yang memanfaatkan teknologi, peserta didik membutuhkan media berdiferensiasi yang menyesuaikan kemampuan awal yang bervariasi, mengakomodir gaya belajar visual, auditory, dan kinestetik, peserta didik cenderung menghafalkan rumus-rumus tetapi belum memahami konsep dasar sehingga kurang melatih kemampuan untuk memecahkan masalah, media masih terfokus pada buku paket dan pemberian soal hanya mengambil masalah yang ada di buku paket, peserta didik sulit menyelesaikan soal pemecahan masalah karena hanya diberikan soal rutin, dan soal pemecahan masalah belum banyak menggunakan soal kontekstual. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa perlu dikembangkan multimedia interaktif sesuai karakteristik peserta didik dan perkembangan teknologi yang ada. Media berupa multimedia merupakan salah satu alternatif media yang diperlukan dalam memfasilitasi pembelajaran berdiferensiasi. Selain itu, dengan multimedia interaktif ini digunakan untuk kemamampuan pemecahan masalah.

References

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.

Arjunaita. (2020). Pendidikan di Era Revolusi Industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 10 Januari 2020, 179–196.

Diah Ayu Safitri. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berdiferensiasi Guna Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Barisan Geometri Kelas XI di SMA PGRI 2 Palembang [Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/105354/

Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Bilangan Pangkat dan Akar menggunakan Genially. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 02(01), 102.

Herawati, I., Putra, F. G., Masykur, R., & Anwar, C. (2020). Pocket Book Digital Berbasis Etnomatematika sebagai Bahan Ajar Sekolah Menengah Pertama. JAMES Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 31.

Januar, E. (2022). Pengembangan Media Robot Malin Kundang Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 602. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.530

Lindasari, L. M., & Putra, F. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Matematika Realistik untuk Memfasilitasi Distance Learning pada Materi Program Linear. OLER (Online Learning in Educational Research), 1(1), 1.

Maharani, A. (2019). Computational Thinking dalam Pembelajaran Matematika Menghadapi Era Society 5.0. Euclid, 7(2), 87–88.

MS, M. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534

Mutiara, P. A., Achmad, F., Alief, M., Lindasari, L. M., Supriadi, N., Putra, F. G., Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2021). Analysis of mathematical critical thinking skills: The impact of RMS (Reading, Mind mapping, and Sharing) learning model assisted by PPW (Props, Powerpoint, and Worksheet). Journal of Physics:Conference Series, 1796(Young Scholar Symposium on Science Education and Environment (YSSSEE)), 1.

Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis Ict. Jurnal Petik, 3(1), 28. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. In Nizmania Learning Center. Nizmia Learning Center.

Nuryadi. (2019). Pengembangan Media Matematika Mobile Learning Berbasis Android Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 5(1), 1–13.

Pramita, A., & Rayungsari, M. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Interaktif Doratoon Pada Pembelajaran Matematika Kelas X MA Al-Masyhur Kota Pasuruan. 10(2), 22–31. https://doi.org/10.37058/jp3m.v10i2.11898

Puspita, Y., Fitriani, Y., Sri, A., & Novianti, S. (2020). Selamat Tinggal Revolusi Industri 4.0, Selamat Datang Revolusi Industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 123.

Rahayu, W. P., Hidayat, R., Zutiasari, I., Rusmana, D., Ayu, R., Indarwati, A., & Zumroh, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Membuat Media Pembelajaran Dengan Bantuan Website Genially Pada Guru-Guru Smk Islam Batu. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 271. https://ojs.transpublika.com/index.php/PRIMA/

Ramadhan, F., Murdiyanto, T., & Rohimah, S. R. (2020). Pengaruh Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 1 Depok. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 4(2015), 10.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623

Sholihah, S. M., Farida, N., & Rahmawati, D. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Kontekstual Disertai Nilai-Nilai Islam Pada Materi Barisan Dan Deret. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 168–180. https://doi.org/10.24127/emteka.v2i2.1147

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Tabrani, M. B., Puspitorini, P., & Junedi, B. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Android pada materi kualitas instrumen evaluasi pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 163–172. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.42943

Wati, F., Okilanda, A., Zahra, F. A., & ... (2024). Workshop Pemanfaatan Articulate Storyline Bagi Guru Untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Berdiferensiasi. Dedikasi: Jurnal, 7(1). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/14345%0Ahttps://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/14345/7979

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 133.

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa ( Masa Pandemik Covid 19 ). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706

Zakiy, M. A., Syazali, M., & Farida. (2018). Pengembangan Media Android dalam Pembelajaran Matematika. Journals of Mathematics Education, 1(2), 89.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berdiferensiasi untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SD/MI Muhammadiyah Metro . (2025). Trigonometri: Jurnal Matematika, 2(1), 25-32. https://doi.org/10.30599/amqvj952