Keefektifan Quizizz Sebagai Media Interaktif Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Bahasa Inggris dan IPA Pada Siswa VIII MTs Nurul Huda

Authors

  • Dwi Andriani Universitas Nurul Huda
  • Indra Irawan Universitas Nurul Huda
  • Effendi Effendi PRODI P. FISIKA STKIP NURUL HUDA
  • Ainun Ummi Sholikhah Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v15i2.2221

Keywords:

Media Interaktif, Quizizz, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan Quizizz sebagai media interaktif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar Bahasa Inggris dan IPA pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Huda. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Pre experimental design dengan desain one group pretest posttest design. Sampel merupakan 30 siswa kelas VII MTs Nurul Huda yang dipilih secara acak . Didapatkan temuan uji-t dengan thitung sebesar 7,931 untuk minat belajar dan 2,706 untuk hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris setelah diberikan perlakuan. Sedangkan pada mata pelajaran IPA mendapatkan nilai thitung sebesar 4.164 untuk minat belajar dan 5.107 untuk hasil belajar siswa. Dan Ditentukan bahwa penggunaan media interaktif Quizizz berdampak pada motivasi dan hasil belajar siswa di kelas Bahasa Inggris dan IPA berdasarkan nilai thitung dibandingkan dengan nilai ttabel dengan db=50 pada tingkat signifikansi 5%Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa terhadap Bahasa Inggris dan IPA. Selain itu, terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa dalam kedua mata pelajaran tersebut. Siswa yang menggunakan Quizizz mengalami peningkatan yang lebih baik dalam pemahaman materi dan kemampuan memecahkan masalah, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ginanjar, E. G., Darmawan, B., & Sriyono, S. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya partisipasi belajar peserta didik smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 206–219.

Hidayatullathifah, & Sujadi, A. A. (2017). Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Make Match Siswa Kelas VII F SMP 1 Banguntupan. Union: Jurnal Pendidikan Mateamatika, 230.

Iqbal, W. M. G., Fadhilah, R., & Hardiarti, D. (2018). Pengembangan alat evaluasi berbasis wondershare quiz creator pada materi koloid kelas XI di SMA Koperasi Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1).

Jaedun, A. (2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.

Keller, L. M. (2016). Motivation, learning, and technology: Applying the ARCS-V motivation model. Participatory Educational Research, 3(2), 1–15.

Nugrahani, R. (2007). Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar. Lembaran Ilmu Pendidikan, 36(1).

Nurfadhillah, S., Rachmadani, A., Salsabila, C. S., Yoranda, D. O., Safira, D., & Oktaviani, S. N. (2021).

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android melalui aplikasi quiziz pada pelajaran matematika vi SDN Karang Tengah 06. PENSA, 3(2), 280–296.

Primayana, K. H. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(3), 321–328.

Priyatno, D. (2011). Buku saku analisis statistik data SPSS. Jakarta: Media Pressindo.

Purnomo, B. H. (2011). Metode dan teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas (classroomaction research). Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(1).

Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2015). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Diffany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163–173.

Sudaryono. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 5(2).

Waruwu, T. (2020). Identifikasi kesulitan belajar pada pembelajaran IPA dan pelaksanaan pembelajaran remedial. Jurnal Education and Development, 8(2), 285.

Downloads

Published

2023-07-23

How to Cite

Dwi Andriani, Indra Irawan, Effendi, E., & Ainun Ummi Sholikhah. (2023). Keefektifan Quizizz Sebagai Media Interaktif Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Bahasa Inggris dan IPA Pada Siswa VIII MTs Nurul Huda. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 15(2), 103–112. https://doi.org/10.30599/jti.v15i2.2221
Abstract Views: 366 | File Views: 275