Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Semasa Pandemi Covid 19 Terhadap Hasil Belajar Ilmu Gizi Mahasiswa Calon Guru Biologi

Authors

  • Mia Nurkanti Universitas Pasundan
  • Fitri Aryanti Universitas Pasundan
  • Lilis Suhaerah Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v15i1.1608

Keywords:

Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Mahasiswa Calon Guru

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada masa pandemi covid 19 terhadap hasil belajar mahasiswa calon guru. Metode penelitian yang digunakan pre-eksperimen dengan one group pretest and postest design. Sampel penelitian yaitu 40 orang mahasiswa pada semester III dan pemilihan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data hasil belajar diperoleh melalui nilai pretest-posttest dan penilaian produk. Hasil penelitian menunjukkan skor pretest sebesar 3,52 dan posttest sebesar 3,75. Perolehan skor N-gain menunjukkan 0,52 yang menunjukkan terdapat kenaikan dalam kategori sedang, melalui hasil uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa calon guru pada mata kuliah ilmu gizi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mia Nurkanti, Universitas Pasundan

Pendidikan Biologi

Lilis Suhaerah, Universitas Pasundan

Pendidikan Biologi

References

Arce, M.E., Míguez-Tabarés, J.L., Granada, E., Míguez, C., & Cacabelos, A. (2013). Project-based learning: application to a research master subject of thermal engineering. Journal of Technology and Science Education (JOTSE), 3(3), 132-138. http://dx.doi.org/10.3926/jotse.81

Aryanti, F., & Suhaerah, L. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Hewan, 119–125.
Beier, M. E., Kim, M. H., Saterbak, A., Leautaud, V., Bishnoi, S., & Gilberto, J. M. (2019). The effect of authentic project-based learning on attitudes and career aspirations in STEM. Journal of Research in Science Teaching, 56(1), 3–23. https://doi.org/10.1002/tea.21465
Da Fonte, M. A., & Barton-Arwood, S. M. (2017). Collaboration of General and Special Education Teachers: Perspectives and Strategies. Intervention in School and Clinic, 53(2), 99–106. https://doi.org/10.1177/1053451217693370
Daniel, F. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Saintifik. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76
Doppelt, Y. (2003). Implementation and Assessment of Project Based Learning in a Flexible Environment. International Journal of Technology and Design Education, 13, 255–272.

Fini, E. H., Awadallah, F., Parast, M. M., & Abu-Lebdeh, T. (2018). The impact of project-based learning on improving student learning outcomes of sustainability concepts in transportation engineering courses. European Journal of Engineering Education, 43(3), 473–488. https://doi.org/10.1080/03043797.2017.1393045
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(November 2019), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/index.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi: 7(1), 9- 21.
Jauhariyyah, F., Suwono, H., & Ibrohim. (2017). Science, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada Pembelajaran Sains. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, Vol. 2, ISBN: 978-602-9286-22-9 (pp. 432-436). Malang: Universitas Negeri Malang.
Khasanah, U., & Herlina. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (pp. 999-1015). Palembang: Universitas PGRI.
Krajcik, J.S., & Czerniak, C.M. (2018). Teaching Science in Elementary and Middle School: A Project-Based
Learning Approach (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315205014

Panwar, A., Chauhan, A., & Arya, K. (2020). Analyzing learning outcomes for a massive online competition through a project-based learning engagement. IEEE Global Engineering Education Conference, EDUCON, 2020-April, 1246–1251. https://doi.org/10.1109/EDUCON45650.2020.9125379
Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif-Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA: 7(2), 171-179.

Rofiah, Fikrotur. (2014). Model Project Based Learning. Tersedia [Online] http://www.eurekapendidikan.com/2014/12/model-project-based-learning-landasan.html.
Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 29. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844
Salmon, G. (2019). May the Fourth Be with You: Creating Education 4.0. Journal of Learning for Development, 6(2), 95-115.
Sari, M. S., Sunarmi, Sulasmi, E. S., & Mawaddah, K. (2019). Formative assessment in project-based learning: Supporting alternative on the learning outcome of biology students in university. AIP Conference Proceedings, 2120. https://doi.org/10.1063/1.5115709
Spring, J. (2021). American Education (20th ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003093251
Sukmawati, F., Setyosari, P., Sulton, S., & Purnomo, P. (2019). The Effect of Project-based Collaborative Learning and Social Skills on Learning Outcomes in Biology Learning. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7, 1325-1344.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyu, R., Islam, U., & Rahmat, R. (2018). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 50–62.
Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-01-29

How to Cite

Nurkanti, M., Aryanti, F., & Suhaerah, L. (2023). Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Semasa Pandemi Covid 19 Terhadap Hasil Belajar Ilmu Gizi Mahasiswa Calon Guru Biologi. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 15(1), 9–14. https://doi.org/10.30599/jti.v15i1.1608
Abstract Views: 207 | File Views: 399