Manajemen Keuangan Di Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Ar- Raudlatul Hasanah Medan

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ar- Raudlatul Hasanah Medan

Authors

  • Auliya Fahma Auliya STIT Ar- Raudlatul Hasanah Medan
  • Arida Salsabilah STIT Ar- Raudlatul Hasanah Medan
  • Muhammad Rizky STIT Ar- Raudlatul Hasanah Medan

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v11i1.3293

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen keuangan di Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Ar- Raudlatul Hasanah Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian ini yaitu, kegiatan perencanaan anggaran (Budgetting) di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah tingkat Aliyah berpacu pada anggaran pesantren, namun untuk metode para staff Aliyah menggunakan sistem input data di aplikasi sesuai dengan standart yang ada di KEMENAG seperti standart sarana dan prasarana dan lain-lain. Adapun Pelaksanaan keuangan Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah tingkat Aliyah pada dana BOS, maka yang melibatkan tim inti madrasah. Adapun tim inti madrasah tersebut ialah kepala madrasah, bendahara dan juga kepala tata usaha Aliyah. Sedangkan evaluasi keuangan di tingkat Aliyah adalah dalam pelaksanaan sistemnya. Karena tidak hanya bagian Aliyah saja yang berkecimpung didalamnya melainkan banyak melibatkan seksi-seksi lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adillah, G. (2016). Manajemen keuangan sekolah. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10(4).

Arifin, M. (2016). Manajemen keuangan pondok pesantren. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 4(2).

Chairunnisa, C. (2016). Manajemen pendidikan dalam multi perspektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54.

Fitri R, Suhartono & Marlina. Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter Santri Pada Pondok Pesantren Darussalamah. Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 10 No 1)

Gurendrawati, E., Murdayanti, Y., & Indriani, S. (2020). Pengembangan Potensi SDM Pesantren Melalui Pelatihan Pemahaman dan Pengetahuan Pengelolaan Keuangan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 20–36.

Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin, F. (2018). Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Ta dib Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 461–472.

Inkiriwang, R. R. (2020). Kewajiban negara dalam penyediaan fasilitas pendidikan kepada masyarakat menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidkan nasional. Lex Privatum, 8(2).

Kusumawardani, D., & Riduwan, A. (2017). Pengaruh Independensi, Audit Fee, dan Objektivitas terhadap Kualitas Audit. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 6(1).

Munib, M., Farida, S., Rohim, R., Badruttamam, B., & Faddol, M. (2022). Manajemen Keuangan Dalam Kebijakan Pendidikan Gratis. IQTISODINA, 5(2), 18–28.

Myende, P. E., Samuel, M. A., & Pillay, A. (2018). Novice rural principals’ successful leadership practices in financial management: Multiple accountabilities. South African Journal of Education, 38(2), 1–11.

Nurmalasari, I., Jamil, Z. L., & Hidayat, A. (2019). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Swasta di Bandung. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 5(1), 1–19.

Rangongo, P., Mohlakwana, M., & Beckmann, J. (2016). Causes of financial mismanagement in South African public schools: The views of role players. South African Journal of Education, 36(3).

Said, A. (2019). Kepemimpinan kepala sekolah dalam melestarikan budaya mutu sekolah. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 257–273.

Salamah, U. (2014). Studi Mengenai Sistem Pengelolaan Keuangan Sekolah di Pondok Pesantren Terhadap Penguatan Manajemen Keuangan.

Sujati, B. (2019). Kurikulum Dan Pembelajaran Pada Sejarah Dan Kebudayaan Islam Di MTs Kifayatul Akhyar Kota Bandung. SINAU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 5(2), 1–29.

Suwadji, B. (2014). MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS PONDOK PESANTREN. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 2(1), 431â – 445.

Usman, J. (2016). Urgensi Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 219–246.

Zahruddin, Z., Arifin, Z., & Suhandi, A. (2019). Implementasi Penyususnan Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 46–56.

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Auliya, A. F., Arida Salsabilah, & Muhammad Rizky. (2024). Manajemen Keuangan Di Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Ar- Raudlatul Hasanah Medan: Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ar- Raudlatul Hasanah Medan . Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 37–42. https://doi.org/10.30599/jpia.v11i1.3293
Abstract Views: 57 | File Views: 82