Rancang Bangun User Interface Game Edukasi Anak

Authors

  • Septi Khoiriah Universitas Nurul Huda
  • Nadia Sahurina Universitas Nurul Huda
  • Nofalia Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/instink.v1i2.1754

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tahap desain interface antar muka game edukasi anak guna untuk membangun sebuah game yang di sediakan untuk anak. Rancang bangu user interface game edukasi anak pada penelitian menerapkan metode heuristik. Metode heuristik adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan yang memberikan solusi untuk memecahkan masalah dan menciptakan penemuan baru. Tahapan dalam proses heuristik meliputi pengumpulan data melalui sumber-sumber yang mempunyai kaitan atau hubungan dalam topik penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Prinsip atau pedoman untuk merancang antarmuka pengguna, yaitu dialog sederhana dan alami, berbicara dalam bahasa pengguna, membongkar memori pengguna, konsistensi, sistem timbal balik, solusi yang jelas, jalan pintas, pesan kesalahan yang baik, pencegahan kesalahan, dukungan dan dukungan dokumentasi. Aktor yang terlibat pada perancangan antar muka ini hanya satu yaitu user yang memainkan game edukasi ini. Pada tahap desain, antarmuka pengguna dapat membuat beberapa menu yang dapat diakses, antara lain, menu pilihan, menu kembali, menu keluar, menu memulai dan menu berhenti bermain. Di dalam game edukasi anak yang akan penulis rancang memiliki beberapa pilihan permainan yaitu berhitung, bernyanyi dan membaca. Manfaat dan tujuan dari penelitian ini selain untuk membantu dalam proses pembelajaran anak, juga sebagai usaha memajukan dan ikut serta berpartisipasi dalam dunia game saat ini dan sebagai media pembelajaran untuk mengikuti perkembangan teknologi game terbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-27

How to Cite

Septi Khoiriah, Nadia Sahurina, & Nofalia. (2022). Rancang Bangun User Interface Game Edukasi Anak. Instink: Inovasi Pendidikan, Teknologi Informasi Dan Komputer, 1(2), 16–22. https://doi.org/10.30599/instink.v1i2.1754
Abstract Views: 172 | File Views: 318

Most read articles by the same author(s)